PENINGKATAN TPACK GURU FISIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE APPS


Ayu Amelia(1), Erfin Nurfalah(2), Diah Mulhayatiah(3*)

(1) Physics Education Department, Faculty of Tarbiya and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) Physics Education Department, Faculty of Tarbiya and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) Physics Education Department, Faculty of Tarbiya and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada abad-21 seorang guru harus mempunyai keterampilan mengajar khususnya pada teknologi dan informasi. Guru harus mengatur strategi, teknologi, dan media yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi dan memandu proses belajar pada peserta didik. Kemampuan TPACK penting dimiliki oleh seorang guru untuk memadukan teknologi dengan pedagogik dan pengetahuannya tentang konten Fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan TPACK seorang guru menggunakan media pembelajaran berbasis google apps. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan menganalisis enam artikel yang paling relevan. Hasil dari kajian Pustaka tersebut menjelaskan bahwa kemampuan TPACK ini perlu dimiliki oleh seorang guru dalam pembelajaran karena didalamnya sudah terpadu antara pedagogik, pengetahuan, dan teknologinya. Namun pada kenyataannya seorang guru masih belum  memiliki kemampuan tersebut. Penggunaan Google Apps dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan TPACK guru karena penggunaan google apps dalam  pembelajaran lebih efektif dan hasilnya pun lebih baik daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media google apps.


Keywords


Google Apps, Kemampuan TPACK, Media.

References


Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.24042/jpifal

biruni.v5i1.100

Brown, M. E. (2015). Learning to Use, Useful for Learning: A Usability Study of Google Apps for Education. Journal of Usability Studies, 10(4), 160-181. http://doi.org/10.5555/2817322.2817327

Chotimah, K., & Hariyatmi. (2017). Gambaran Kemampuan Pedogical Content Knowledge Guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek II, 671-678.

Dermawan, B. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Google Apps for Education untuk Guru MTsN di Kabupatem Karawang. ABDIMASKU, 2(1), 18-23. https://doi.org/10.33633/

ja.v2i1.33

Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press.

Feladi, V., & Puspitasari, H. (2018). Analisis Profil TPACK Guru TIK SMA di Kecamatan Pontianak Kota. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 4(2), 204-210. http://dx.doi.org/

26418/jp.v4i2.29616

Gora, W., & Sunarto. (2010). PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hadisaputra, S., Hadiprayitno, G., Hakim, A., & Muhlis. (2018). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Guru IPA sebagai Role Model abad 21 dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 274-277.

Hermanto, R., & Harimurti, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Media Pembelajaran Google For Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Kejuruan Multimedia Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal IT-Edu, 2(1), 23-27.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2005). Teachers Learning Technology by Design. Journal of Computing in Teacher Education, 21(3), 94-102. https://doi.org/10.

/10402454.2005.10784518

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Eduaction. 9(1), 60-70. https://www.learntechlib.org/

primary/p/29544/

Nasar, A., & Daud, M. H. (2020). Analisis Kemampuan Guru IPA tentang Technological Pedagogical Content Knowledge pada SMP/MTs di Kota Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4, 9-20. https://doi.org/10.37478/

optika.v4i1.413

Odewumi, M. O., & Ahmed, M. A. (2019). Fosturing Google Apps For Education (GAfE): The Conceptual Framework. Bulgarian Journal of Scince and Education Policy (BJSEP), 13(1), 34-49.

Rahmadi, I. F. (2019, Maret). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65-74. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Reski, A., & Sari, K. D. (2020). Analisis Kemampuan TPACK Guru Fisika Se-Distrik Merauke. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 1-8.

Rosyid, A. (2016). Technology Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia Di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pedidikan, 446-454.

Saraswati, D. L. (2019). Kelayakan Mobile Learning Media pada Materi Fisika Inti dan Radioaktivitas. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 4(2), 25-34. https://doi.org/10.15575/jotalp.

v4i2.5606

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 10-18. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79

Supriyadi, Bahri, S., & Waremra, R. S. (2018). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 1-9. https://doi.org/

21067/jip.v8i2.2632

Suryawati, E., Linggasari, M. N., & Arnentis. (2017). Technological Pedagogical and Content Knowledge of Biology Prospective Teachers. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 9(3), 498-505. https://doi.org/

15294/biosaintifika.v9i3.11270

Teknowijoyo, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Google Edukasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Curriculum Indonesia, 1, 30-38.

Widodo, S. (2017). Implementing Google Apps for Education as Learning Management System in Math Education. Journal of Physics: Conference Series, 895 (012053) 1-5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012053

Yulianisa, Rizal, F., Oktaviani, & Abdullah, R. (2018). Tinjauan Keterampilan Abad 21 (21st Century Skills) di Kalangan Guru Kejuruan (Studi Kasus: SMK Negeri 2 Solok). CIVED Jurusan Teknik Sipil, XX(X), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.10298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: