Penerapan pendekatan metakognitif terhadap self-efficacy siswa SMP ditinjau dari kemampuan awal siswa


Asep Ikin Sugandi(1*), Siti Chotimah(2)

(1) IKIP Siliwangi, Indonesia
(2) IKIP SILIWANGI, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas pendekatan metakognitif dalam meningkatkan self-efficacy siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa disalah satu SMP di Kota Cimahi, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas dari dari SMP terpilih.  Instrumen dalam penelitian ini berupa non tes berbentuk skala Likert. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan kesimpulan bahwa self-efficacy siswa yang belajar dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada dengan pendekatan saintifik dan tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan tingkat kemampuan awal siswa terhadap self-efficacy.


Keywords


Metakognitif, Self-Efficacy, Kemampuan Awal Siswa

References


Aisyah. (2008). Pengaruh Self Efficacy, Kecerdasan Emosional, Keinovatifan, Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pejabat Eselon III Pemda Kota Palembang. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Aminah, M., Kusuma, Y. S., Suryadi, D., & Sumarmo, U. (2018). Enhancing Students ’ Mathematical Logical Thinking Ability and Self Regulated Learning By Using Metacognitive Teaching- Learning. International Journal of Instruction, 11(3).

Armiati. (2011). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis, dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. UPI Bandung.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Macmillan.

Bandura, A., & Ramachaudran, V. S. (1994). Encyclopedia of human behavior. New York: Academic Press, 4, 71–81.

Fitri, I. (2017). Self Efficacy Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Aptitude Treatment Interaction. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(2), 167–175.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (I). Bandung: Refika Aditama.

Herawaty, D. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru dalam Forum Ilmiah, Keyakinan Diri (Self Efficacy), dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Matematika (Studi Kausal di SMP Negeri se-Provinsi Bengkulu). Disertasi Doktor: Universitas Negeri Jakarta.

Jumroh, J., Mulbasari, A. S., & Fitriasari, P. (2018). Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Inquiry Based Learning di Kelas VII SMP Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29–42.

Mawaddah, N. E., & Suyitno, H. (2015). Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1).

Nindiasari, H., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, Y. (2014). Pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Edusentris Journal of Education and Teaching, 1(1), 80–90.

Noordyana, M. A. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan metacognitive instruction. Mosharafa Journal, 5(2), 120–127. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666

Putri, I. J. (2013). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Pecahan (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN 2 Waled Kota dan SDN 2 Waled Desa Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon). Universitas Pendidikan Indonesia.

Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan strategi REACT ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah, koneksi matematis, self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262–272.

Riduwan, M. B. A. (2010). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya . (First). Bandung: Tarsito.

Setiadi, R. (2010). Self-efficacy in Indonesian Literarcy Teaching Context: A Theoretical and Empirical Perspective. Rizqi Press.

Sukoco, H., & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh pendekatan Brain-Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy siswa SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 11–24.

Uyanto, S. S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Vygotsky, L. S. (1987). The collected works of LS Vygotsky: the fundamentals of defectology (Vol. 2). Springer Science & Business Media.

Warsito, H. (2012). Hubungan antara self-efficacy dengan penyesuaian akademik dan prestasi akademik (Studi pada mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 29–47.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id