Tingkat Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Perbandingan
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v11i2.48962Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memerlukan pemahaman konsep yang mendalam, salah satunya pada materi perbandingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi perbandingan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif yang melibatkan 32 siswa di salah satu MTs di Kota Bandung dengan pemilihan sampel secara acak sederhana. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematis pada materi perbandingan, dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk meringkas variabel dalam data seperti rata-rata dan standar deviasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kategori tinggi sebesar 25%, kategori sedang sebesar 43,75%, dan kategori rendah sebesar 31,25%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan soal HOTS berada pada kategori sedang. Penelitian ini menyarankan perlu adanya pendekatan pembelajaran yang efektif dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi yang lebih kompleks.
References
Adnyana, E. M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496–505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979
Aisyah, N., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 403–410. https://media.neliti.com/media/publications/503200-none-c919fc5c.pdf
Alifah, S. N., Sugilar, H., & Abdurrosyid. (2024). Analisis Tingkat Kesukaran Soal Matematika Pada Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis Siswa Kelas VII. Gunung Djati Conference Series, 41, 96–106.
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Ardila, A., Marzal, J., & Siburian, J. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Memahami Materi Trigonometri Kelas X IPS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 423–444. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1064
Azizah, N. L., Sunismi, & Fuady, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Perbandingan Kelas VII ditinjau dari Kecerdasan Logis. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(5), 1–15.
Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 120–128.
Cisilia, R., Ariyanto, L., & Setyawati, R. D. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i1.16826
Damayanti, Y., & Anita, I. W. (2023). Karakteristik Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Di MTS Az-Zahra Parongpong Berdasarkan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 1831–1840. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18750
Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Hayati, S. I., & Marlina, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP IT Nurul Huda Batujaya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 827–834. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.827-834
Islam, S. N., Susilawati, W., & Sugilar, H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Abstraksi Matematis Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Perspektif, 5(1), 112–129. https://doi.org/10.15575/jp.v5i1.135
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.
Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran EKsploratif. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709
Musa, R. N., Monoarfa, J. F., & Regar, V. E. (2024). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1040–1048. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3031
Nur’asyiah, P., Juriah, & Rahayu, Y. nurhayati. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking ( RMT ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Gunung Djati Conference Series, 32, 73–89.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurindah, N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 24–34. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2568
Rachmawati, T. K., Nurhalimah, I., & Harahap, M. H. (2024). Gunung Djati Conference S eries , Volume 40 ( 2024 ) Mathematics Education on Research Publication ( MERP II 2023 ) ISSN : 2774-6585 Website : https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Ma. Gunung Djati Conference Series, Mathematics Education on Research Publication (MERP II 2023), 40, 9–18.
Rahmah, S., Rahayu, Y. N., & Zain, I. A. (2024). Pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. Gunung Djati Conference Series, Mathematics Education on Research Publication (MERP II 2023), 40, 130–138.
Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579
Ramli, R. W., Arsyad, N., & Ma’rup, M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas VIII A SMP Negeri 1 Sungguminasa. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 84–92. https://doi.org/10.30605/27458326-75
Saepullah, R. N. I., Syaf, A. H., & Rahayu, Y. N. (2023). Penerapan Strategi Multiple Representation Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Gunung Djati Conference Series, 32, 1–23.
Sengkey, D. J., Sampoerno, P. D., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265
Silalahi, T. K. M., Simanjuntak, R. M., Sitepu, C., & Hutahuruk, A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Pada Materi Pokok Perbandingan. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 8(1), 89–96. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2665
Siregar, E. Y., Holila, A., & Nasution, D. P. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Education and Development, 8(4), 370–377.
Siregar, T. (2024). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Memahami Konsep Konvergensi pada Mata Kuliah Analisis Real Lanjutan. 1–30.
Sulistyawati, W., Wahyudi, W., & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Kadikma, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Syaifar, M. H., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1097
Wakit, A., Hasanah, U. A. A., & Istiqomah, I. (2024). Analisis Perbandingan Penyelesaian Soal Matematika Tipe Hots Materi Bangun Ruang Gabungan. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 352–360. https://doi.org/10.32938/jipm.9.1.2024.352-360
Wibowo, M. U., Maryono, I., & Widiastuti, T. T. (2024). UNDERSTANDING OF MATHEMATICAL CONCEPTS IN TERMS OF STUDENT LEARNING INTEREST USING THE TEAMS GAMES TOURNAMENTS MODEL ASSISTED BY SPORCLE PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT SISWA MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN. Math Educa Jurnal, 8(2), 171–189.
Yogi Saputra, G., Marsheilla, R., & Agus, A. (2021). Minat Siswa Kelas VII dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal of Physical Education ( JouPE ), 2(1), 17–25.
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).