PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI


finna oktavia susanti(1*), muhammad muttaqin(2), milla listiawati(3)

(1) , Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  keterlaksanaan  model  inkuiri  terbimbing, menganalisis  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa  pada  materi  sistem  ekskresi  dengan menggunakan  dan  tanpa  menggunakan  model  inkuiri  terbimbing,  menganalisis  pengaruh  dan respon model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian  dilakukan  di kelas  XI MIA  1  dan  XI MIA  2 SMAN  1  Jalancagak  tahun ajaran 2015/2016.  Metode  penelitian  yang digunakan adalah  quasi  eksperiment dengan desain,  pretest  -  posttest  control  group  design.  Teknik  pengumpulan    data    yang    digunakan  adalah observasi, tes, dan kuesioner berupa angket. Hasil penelitian di kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing menghasilkan nila rata-rata pretest 45,90, posttest 80,00, dan gain 33,86, kelas yang  tanpa menggunakan model  inkuiri terbimbing  menghasilkan  nilai  rata-rata  pretest 43,85, posttest  74,93  dan  gain  31,60.  Berdasarkan  uji  hipotesis  diperoleh  thitung  =  2,20  >  ttabel  1,99 dengan  a  sebesar  0,05  maka  H0  ditolak  dan  Ha  diterima.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa pembelajaran model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi.

Keywords


Model Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif , Sistem Ekskresi, SMAN 1 Jalancagak



DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats