PENGARUH GANGGUAN BERBAHASA BERBICARA GAGAP (STUTTERING) DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM

Authors

  • Nur Khozim Muhlis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-1825-0097
  • Nida Dusturia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-1825-0097
  • Fahrudin Fahrudin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Zakiyah Arifa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Bashith Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.15575/hijai.v7i1.18792

Keywords:

Gangguan berbicara gagap, Pembelajaran bahasa Arab, Maharah Kalam

Abstract

ABSTRAK

Gagap adalah gangguan yang dapat dilihat dalam arti ada petunjuk bicara dalam kata yang diucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk gangguan bicara santri pondok alkhoirot dan pengaruh gangguan berbahasa santri terhadap pembelajaran keterampilan berbicara. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan studi kasus. Data penelitian dalam penelitian ini berupa hambatan bicara dan pengaruhnya dalam pembelajaran keterampilan. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini adalah (1) bentuk gangguan bicara gagap yang dialami siswa x meliputi murtad dan khilaf.(2) adapun pengaruhnya terhadap pembelajaran keterampilan berbicara: berupa murtad mengakibatkan kalimat tidak lengkap, kesalahan makna. Bentuk sirkumlokusi mengakibatkan tidak adanya beberapa kata,

Kata kunci : kesulitan berbicara, pembelajaran bahasa Arab, keterampilan berbicara

ABSTRAK

Gagap merupakan suatu kelainan bicara yang bisa dilihat dengan ciri-ciri adanya sendatan ujaran pada kata-kata yang akan diucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk gangguan berbahasa bicara gagap siswa madrasah diniyah alkhoirot dan dampak gangguan bicara gagap siswa terhadap pembelajaran maharah kalam. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan studi kasus. Data penelitian ini adalah bentuk-bentuk gangguan berbicara dan dampak dalam pembelajaran maharah kalam. Adapun sumber data penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk gangguan berbicara gagap yang dialami siswa X meliputi penjedaan dan hambatan. (2) Dampak terhadap pembelajaran maharah kalam yaitu: dalam bentuk penjedaan berdampak pada terbentuknya kalimat yang tidak tuntas, kesalahan arti (maknanya berbeda). Sedangkan dalam bnetuk hambatan berdampak kerancuan dan kurang tepat kata atau kalimat yang diucapkanya, menggulangi suku kata awal dan Intonasi yang terlalu cepat setelah terjadinya hambatan.

Kata Kunci: Gangguan berbicara gagap , Pembelajaran bahasa Arab, Maharah Kalam

Author Biographies

Nur Khozim Muhlis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Magister pendidikan bahasa arab

Nida Dusturia, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Magister Pendidikan Bahasa Arab

References

Daulay, IK, Banjarnahor, E., & Tarigan, T. (2021). Pengaruh Gangguan Berbahasa Berbicara Gagap Dalam Komunikasi Pada Wanita Usia 16 Tahun. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) , 3 (2), 195–206. Https://Doi.Org/10.34012/Bip.V2.1923

Dewi, LS, & Saifullah, AR (2019). Problematika Kegagapan ( Stutter ) Terhadap Penyampaian dan Pengungkapan Bahasa Kajian Semiotika. Prosiding Simponi , November 251–257. Https://Doi.Org/10.30998/Simponi.V0i0.399

Ferawati. (2017). Gangguan Berbahasa Arab Bagi Anak Autis Dan Al-Qur`An Sebagai Terapi Pengobatan (Studi Kasus Di Sekolah Taruna Al-Qur`An Yogyakarta). An-Nabighoh , 19 (02), 213–224.

Indah, RN (2017). Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. Di Wardah (Vol. 15, Edisi 1).

Johan, M. (2019). Gangguan Pelafalan Fonem Terhadap Anak-Anak (BALITA). Jurnal Pendidikan , 11 , 71–80.

Mursyid, AE (2020). Gangguan Bahasa Gagap Henry Di Saluran Youtube Ascended Gaming Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Gangguan Bahasa Gagap Henry Di Saluran Youtube Ascended Gaming Fakultas Ilmu Budaya .

Rutmalem, S. (2016). Terganggu Berbahasa. Di Klinik Pemeriksaan Fisik Dan Mental Neurologi .

Rutumalessy, M. (2018). Pemanfaatan Games Untuk Mengatasi Gangguan Bicara Anak Usia 13 Tahun. Jendela Pengetahuan , 12 (April), 50–58.

Saifuddin. (2014). Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dalam Bidang Studi Bahasa Arab Pada Smp It Al-Fityan School Gowa. Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Saragih, A. D. (2018). Analisis Bahasa Anak Yang Mengalami Gangguan Kelancaran Berbicara (gagap).

Sintyawati, C. (2019). Pengaruh Ketidaksiapan Percakapan Terhadap Pembentukan Kalimat Pada Penyandang Gagap. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 3(2), 190–199.

Sintyawati, C. S. (2021). Dampak Ketidaksiapan Percakapan Dalam Pembentukan Kalimat Pada Penyandang Gagap. Lingua, 17(2), 156–166.

Tomia, MGSELUP (2019). Gangguan Berbicara (Gagap) Pada Siswa Slb Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Jurnal Untuk Penelitian , 44 (12), 243–254.

Wulandari, N. (2020). Analisis Ukuran Fonologis Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab , 3 (01), 71.

Published

2024-06-16

How to Cite

Muhlis, N. K., Dusturia, N., Fahrudin, F., Arifa, Z., & Bashith, A. (2024). PENGARUH GANGGUAN BERBAHASA BERBICARA GAGAP (STUTTERING) DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM. Hijai - Journal on Arabic Language and Literature, 7(1), 92–107. https://doi.org/10.15575/hijai.v7i1.18792

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.