PENGARUH GANGGUAN BERBAHASA BERBICARA GAGAP (STUTTERING) DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM
DOI:
https://doi.org/10.15575/hijai.v7i1.18792Keywords:
Gangguan berbicara gagap, Pembelajaran bahasa Arab, Maharah KalamAbstract
ABSTRAK
Gagap adalah gangguan yang dapat dilihat dalam arti ada petunjuk bicara dalam kata yang diucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk gangguan bicara santri pondok alkhoirot dan pengaruh gangguan berbahasa santri terhadap pembelajaran keterampilan berbicara. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan studi kasus. Data penelitian dalam penelitian ini berupa hambatan bicara dan pengaruhnya dalam pembelajaran keterampilan. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini adalah (1) bentuk gangguan bicara gagap yang dialami siswa x meliputi murtad dan khilaf.(2) adapun pengaruhnya terhadap pembelajaran keterampilan berbicara: berupa murtad mengakibatkan kalimat tidak lengkap, kesalahan makna. Bentuk sirkumlokusi mengakibatkan tidak adanya beberapa kata,
Kata kunci : kesulitan berbicara, pembelajaran bahasa Arab, keterampilan berbicara
ABSTRAK
Gagap merupakan suatu kelainan bicara yang bisa dilihat dengan ciri-ciri adanya sendatan ujaran pada kata-kata yang akan diucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk gangguan berbahasa bicara gagap siswa madrasah diniyah alkhoirot dan dampak gangguan bicara gagap siswa terhadap pembelajaran maharah kalam. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan studi kasus. Data penelitian ini adalah bentuk-bentuk gangguan berbicara dan dampak dalam pembelajaran maharah kalam. Adapun sumber data penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk gangguan berbicara gagap yang dialami siswa X meliputi penjedaan dan hambatan. (2) Dampak terhadap pembelajaran maharah kalam yaitu: dalam bentuk penjedaan berdampak pada terbentuknya kalimat yang tidak tuntas, kesalahan arti (maknanya berbeda). Sedangkan dalam bnetuk hambatan berdampak kerancuan dan kurang tepat kata atau kalimat yang diucapkanya, menggulangi suku kata awal dan Intonasi yang terlalu cepat setelah terjadinya hambatan.
Kata Kunci: Gangguan berbicara gagap , Pembelajaran bahasa Arab, Maharah Kalam
References
Daulay, IK, Banjarnahor, E., & Tarigan, T. (2021). Pengaruh Gangguan Berbahasa Berbicara Gagap Dalam Komunikasi Pada Wanita Usia 16 Tahun. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) , 3 (2), 195–206. Https://Doi.Org/10.34012/Bip.V2.1923
Dewi, LS, & Saifullah, AR (2019). Problematika Kegagapan ( Stutter ) Terhadap Penyampaian dan Pengungkapan Bahasa Kajian Semiotika. Prosiding Simponi , November 251–257. Https://Doi.Org/10.30998/Simponi.V0i0.399
Ferawati. (2017). Gangguan Berbahasa Arab Bagi Anak Autis Dan Al-Qur`An Sebagai Terapi Pengobatan (Studi Kasus Di Sekolah Taruna Al-Qur`An Yogyakarta). An-Nabighoh , 19 (02), 213–224.
Indah, RN (2017). Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. Di Wardah (Vol. 15, Edisi 1).
Johan, M. (2019). Gangguan Pelafalan Fonem Terhadap Anak-Anak (BALITA). Jurnal Pendidikan , 11 , 71–80.
Mursyid, AE (2020). Gangguan Bahasa Gagap Henry Di Saluran Youtube Ascended Gaming Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Gangguan Bahasa Gagap Henry Di Saluran Youtube Ascended Gaming Fakultas Ilmu Budaya .
Rutmalem, S. (2016). Terganggu Berbahasa. Di Klinik Pemeriksaan Fisik Dan Mental Neurologi .
Rutumalessy, M. (2018). Pemanfaatan Games Untuk Mengatasi Gangguan Bicara Anak Usia 13 Tahun. Jendela Pengetahuan , 12 (April), 50–58.
Saifuddin. (2014). Problematika Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dalam Bidang Studi Bahasa Arab Pada Smp It Al-Fityan School Gowa. Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Saragih, A. D. (2018). Analisis Bahasa Anak Yang Mengalami Gangguan Kelancaran Berbicara (gagap).
Sintyawati, C. (2019). Pengaruh Ketidaksiapan Percakapan Terhadap Pembentukan Kalimat Pada Penyandang Gagap. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 3(2), 190–199.
Sintyawati, C. S. (2021). Dampak Ketidaksiapan Percakapan Dalam Pembentukan Kalimat Pada Penyandang Gagap. Lingua, 17(2), 156–166.
Tomia, MGSELUP (2019). Gangguan Berbicara (Gagap) Pada Siswa Slb Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Jurnal Untuk Penelitian , 44 (12), 243–254.
Wulandari, N. (2020). Analisis Ukuran Fonologis Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab , 3 (01), 71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
For Authors:
-
Author's Copyright: Upon publication, the copyright of the article is retained by the author(s). This means that the authors hold the exclusive right to use, reproduce, and distribute their own work.
-
User Rights and License: The articles published in Hijai - Journal on Arabic Language and Literature are made available to the public under the terms of the CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0. This license allows anyone to copy, redistribute, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially, provided that appropriate credit is given to the original author(s) and the source, a link to the license is provided, and an indication if changes were made. This is done in a reasonable manner that does not suggest the licensor endorses the user or their use.
-
Author's Rights without Restrictions: As the copyright holder, authors are permitted to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of their work. For example, authors may deposit their published article in an institutional repository, publish it in a book, or distribute it on their personal website, with an acknowledgment of its initial publication in Hijai - Journal on Arabic Language and Literature.
For Readers and Users:
-
You are free to:
-
Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
-
The license terms are based on the CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0, so you must follow its requirements.
-
-
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit to the original author(s), provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-