MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MAS YPP Jamanis Parigi dan MAN 1 Pangandaran)

Ahmad Noval, Lilis Kholisoh Nuryani

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19, lembaga pendidikan madrasah melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara online. Untuk daerah yang termasuk zona hijau, pembelajaran tatap muka bisa dilakukan dengan waktu yang terbatas serta mematuhi protokol kesehatan. Salah satu inovasi pembelajaran yang bisa dilakukan oleh madrasah adalah pembelajaran berbasis blended learning, termasuk di MAS YPP Jamanis Parigi dan MAN 1 Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berbasis blended learning di MAS YPP Jamanis Parigi dan MAN 1 Pangandaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, kedua madrasah merumuskan kulikulum khusus sesuai dengan model pembelajaran blended learning di masa Pandemi Covid-19 didukung sarana dan prasana belajar yang memadai. Pada tahap implementasi, ada perbedaan pada kedua madrasah tentang waktu pembelajaran luring dan daring. MAN 1 Pangandaran menerapkan sistem shift, sehari pembelajaran luring dan di hari yang lain pembelajaran daring, sedangkan MAS YPP Jamanis Parigi tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka full satu minggu, pembelajaran daring disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing guru. Pada tahap evaluasi, kedua madrasah melaksanakan evaluasi secara online berbasis website.


Full Text:

PDF

References


Akomolafe, C. O., & Adesua, V. O. (2016). The Impact of Physical Facilities on ‎Students ’ Level of Motivation and Academic Performance in Senior ‎Secondary Schools in South. Journal of Education and Practice, 7(4), 38–‎‎42.‎

Ali, M. (2011). Memahami Riset Perilaku dan Sosial. CV. Cendekia Pustaka ‎Utama.‎

Anwar, S. (2018). Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran di Madrasah ‎Aliyah. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.‎

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Aksara.‎

Asrul, A., Ananda, R., & Rosnita, R. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Cipta ‎Pustaka Media.‎

Badrudin, B. (2014). Manajemen Peserta Didik. PT Indeks.‎

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan ‎Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi ‎Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165.‎

https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8629‎

BCC News, B. N. (2020). Kurikulum Darurat Covid-19 dan “Membuka Sekolah” ‎di Zona Kuning, Kebijakan Terbaru Kemendikbud di Tengah Pandemi. BBC ‎News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53691985‎

Dabas, N. (2018). Role of Computer and Information Technology in Education ‎System. International Journal of Engineering and Techniques, 4(1), 570–‎‎574.‎

Efendi, N. M. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan ‎Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar ‎Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, Dan Antropologi, 2(2), 173–‎‎182. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788‎

Fandianta, F., Sanjaya, G. Y., & Widyandana, W. (2013). Meningkatkan ‎Pengetahuan Mahasiswa Dengan Memberikan Fleksibilitas Belajar Melalui ‎Metode Blended learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 2(2), 1–‎‎8. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpki.25178‎

Fuady, M. J. (2016). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online ‎Untuk Pendidikan Jarak Jauh. Tekno, 26(September), 148–154. ‎http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/8281‎

Hasan, H. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar ‎Matematika Di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Pesona Dasar ‎‎(Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(4), 40–51. ‎http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7524‎

Hasbullah, H. (2014). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran ‎Matematika Masa Depan. Jurnal Formatif, 4(1), 65–70. ‎https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i1.140‎

Hidayah, U., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2016). Konsistensi Kompetensi ‎Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada Evaluasi Guru dalam ‎Pembelajaran Eksposisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Siswa Kelas X MAN ‎Patas. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 5(3), 1–‎‎12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v5i3.8766‎

IDN Times, I. T. (2020). Sekolah di Pangandaran Bersiap Melaksanakan KBM ‎Tatap Muka. IDN Times. https://jabar.idntimes.com/news/jabar/nana-‎suryana-4/sekolah-di-pangandaran-bersiap-melaksanakan-kbm-tatap-muka

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), ‎‎61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562‎

Isti’anah, A. (2017). The Effect Of Blended Learning to The Stidents’ ‎Achievement in Grammar Class. Indonesian Journal of English Education, ‎‎4(1), 16–30. https://doi.org/10.15408/ijee.v4i1.5697.IJEE

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran ‎Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal ‎Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 63–70.‎

https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457‎

Khoiroh, N., Munoto, M., & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran ‎Blanded Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal ‎Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.‎

https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.13986‎

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan ‎Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language ‎Education and Literature, 3(1), 53–65.‎

https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820‎

Kuratko, D. F., Goodale, J. C., & Hornsby, J. S. (2001). Quality Practices for a ‎Competitive Advantage in Smaller Firms. Journal of Small Business ‎Management, 39(4), 293–311. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/0447-‎‎2778.00027‎

Kusmana, A. (2011). E-Learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan ‎‎(Jurnal Ilmua Tarbiyah Dan Keguruan), 14(1), 35–51. ‎https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n1a3‎

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan ‎Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. JK (Jurnal Kependidikan), 1(1), ‎‎150–168. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536‎

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi. Kencana.‎

Mukminan, M. (2008). Pengembangan Media Pembelajaran. Universitas Negeri ‎Yogyakarta.‎

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya.‎

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media ‎Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al ‎Asma (Journal of Islamic Education), 2(2).‎

http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646‎

Permatasari, A. (2014). Pengelolaan Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Secara ‎Online. Manajemen Pendidikan, 24(3), 260–265.‎

Retnawati, H., Hadi, S., & Nugraha, A. C. (2017). Implementasi Pemanfaatan ‎Software Penulisan Laporan Hasil Belajar Siswa SMK Pada Pelaksanaan ‎Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 30.‎

https://doi.org/10.21831/jpv.v7i1.12599‎

Roy, D. S. (2015). Application of ICTs in Teaching-Learning Process. IRJIMS ‎‎(International Research Journal of Interdisciplinary and Multidisciplinary ‎Studies), 1(7), 72–84.‎

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.‎

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Nasional ‎Pendidikan. Prenanda Media.‎

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan ‎Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–‎‎378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043‎

Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.‎

Syah, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: ‎Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial ‎Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. ‎https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314‎

Usman, U. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam ‎Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150.‎

https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626‎

Vernadakis, N., Giannousi, M., Derri, V., Michalopoulos, M., & Kioumourtzoglou, ‎E. (2012). The Impact of Blended and Traditional Instruction in Students’ ‎Performance. Procedia Technology, 1, 439–443.‎

https://doi.org/10.1016/j.protcy.2012.02.098‎

Wang, Q. (2008). A Generic Model For Guiding The Integration of ICT Into ‎Teaching and Learning. Innovations in Education and Teaching ‎International, 45(4), 411–419. https://doi.org/10.1080/14703290802377307‎

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran ‎Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan ‎‎(JKTP), 1(1), 13–18.‎

Wibawanto, H., & Sahid, S. (2010). Pedoman Pengembangan Bahan Ajar ‎Berbasis Web. Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ‎Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.‎

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis ‎Teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152.‎

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/FORISTEK/article/view/665‎

Yunus, S. (2019). Kenali 4 Penyebab Rendahnya Kompetensi Guru. ‎Indonesiana. https://www.indonesiana.id/read/119880/empat-sebab-‎rendahnya-kompetensi-guru

Zahra, N. (2015). Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Web Sebagai Alat ‎Ukur Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Kelas X MAN Model ‎Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 480–484.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.10509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.