STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA LKM DAN TTS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SMALL GROUP DISCUSSION (SGD)


Henie Poerwandar Asmaningrum(1*)

(1) Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Musamus, Jalan Kamizaun Mopah Lama, Merauke, 99611, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Teka-Teki Silang (TTS) dibanding Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada pembelajaran kooperatif Small Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar materi Perkembangan Teori Atom mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Uji prasyarat analisis untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Perkembangan Teori Atom mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dimana thitung > ttabel, yaitu 3,79>2,00. Rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakanmedia TTS adalah 81,71 dan nilai rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakanmedia LKM adalah 75,29. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media TTS pada model pembelajaran kooperatif SGD lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 dibanding media LKM pada materi Perkembangan Teori Atom.

Keywords


komparasi; SGD; media TTS; media LKM; hasil belajar

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran., Jakarta: Rajawali Persada.

Awan, R.U.N., Noureen, G., & Naz, A.(2011). Journal International Education Studies, 4(3), 72-79.

Davis, T.M., Shepherd, B., Zwiefelhofer T. (2009). Reviewing for Exams : Do Crossword Puzzles Help in the Success of Student Learning? The Journal of Effective Teaching, 9(3),4-10.

Hamdu, G. dan Agustina, L.(2011). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.

Huda, M. (2015). Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Johnson, D.W., Johnson, R.T., &Smith, K.A. (1998). “Maximizing Instruction through Cooperative Learning.’ASEE Prism. 7(6), 24-29.

Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., &Utomo, S. B. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 SImo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 190-197.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiharti, S., Saputro, S.,& Sugiharto. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media TTS dan LKS Pada Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Semester Gasal SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 73-79.




DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Henie Poerwandar Asmaningrum

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637