PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK IKATAN KIMIA


Ghery Priscylio(1*), Parida Eriani(2), Ellizar Ellizar(3), Andromeda Andromeda(4)

(1) Pendidikan IPA, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Pendidikan Kimia, Fakulltas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Kota Padang Sumatera Barat 25171 Indonesia, Indonesia
(3) Pendidikan Kimia, Fakulltas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Kota Padang Sumatera Barat 25171 Indonesia, Indonesia
(4) Pendidikan Kimia, Fakulltas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Kota Padang Sumatera Barat 25171 Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Menguasai sains dan teknologi adalah kunci penting untuk menghadapi tantangan masa depan. Pendidikan sains memainkan peran penting dalam mempersiapkan siswa yang dapat berpikir kritis, kreatif, logis, dan mengambil inisiatif dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis masalah pada topik ikatan kimia. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu terdiri dari tahap  define, design, develop and disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Lembar kerja yang dikembangkan divalidasi oleh enam orang ahli dan uji praktikalitas oleh 25 orang siswa SMA Negeri 1 Batang Kapas, Pesisir Selatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Cohen’s Kappa Formula. Uji validitas menyatakan lembar kerja siswa yang dikembangkan memiliki kategori validitas yang sangat tinggi. Uji praktikalitas siswa tentang lembar kerja siswa yang dikembangkan menunjukkan kategori yang sangat tinggi dan uji praktikalias guru memperoleh kategori kepraktisan yang sangat tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lembar kerja pembelajaran berbasis masalah pada topik ikatan kimia adalah valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Temuan ini juga menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar dan dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri.


Keywords


lembar kerja siswa; ikatan kimia; problem based learning; model 4-D; pendidikan kimia

References


Allen, D. E., Donham, R. S., & Bernhardt, S. A. (2011). Problem-Based Learning. New Direction for Teaching and Learning, (128), 21–29.

Anwar, S. (2017). Pengolahan Bahan Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Boslaugh, S., & Andrew Watters, P. (2008). Statistics in a Nutshell a Desktop Quick Reference. United State of America: O’Reilly Media, Inc.

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Harnugrawan, G. O., & Novita, D. (2012). The Assessment of Students Mind Mapping Result on Limited Trial Towards Bilingual Interactive E- Book Media Through Mind Mapping Strategy on Chemical Bonding Matter For SMA RSBI. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 115–123.

Laili, U. (2014). Development of Student Worksheet Oriented to Concept Map on Chemical Bonding Matter Class X. Unesa Journal of Chemical Education, 3(2).

Latisma. (2011). Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.

Lestari, A. (2012). Development of Science-chemitry Student Workheet Oriented Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) in The Topic Matter Changes for Junior High School. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 41–46.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudjijo. (1995). Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Priscylio, G. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Topik Asam Basa Kelas XI SMA. Universitas Negeri Padang.

Priscylio, G., Rochintaniawati, D., & Anwar, S. (2018). Needs of integrated science textbook for junior high school based on learning style ( descriptive research ). In International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Putri, T. M. (2016). Implementation Of Inquiry Learning Model with Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Strategy to Rehearse Students Process Skill in Chemical Bonding Matter. UNESA Journal of Chemistry Education, 5(1), 128–133.

Rochmad. (2011). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, (1974), 1–18.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan, Prinsip, Dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Taşoğlu, A. K., & Bakaç, M. (2014). The Effects of Problem Based Approach on Student’s Conceptual Understanding in Teaching of Magnetism Topics. Eurasian J. Phys. Chem. Educ, 6(2), 110–122.

Temel, S. (2014). The Effects of Problem-Based Learning on Pre-Service Teachers’ Critical Thinking Dispositions and Perceptions of Problem-Solving Ability. South African Journal of Education, 34(1), 1–20.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ghery Priscylio, Parida Eriani, Ellizar Ellizar, Andromeda Andromeda

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637