Implementasi Metode Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa


Novi Novisah(1*), Nunung Sobarningsih(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan pembaharuan dalam model pembelajaran matematika sebagai respon terhadap rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa kelas IV MI Cicarulang Tasikmalaya yang ditunjukkan dari rata-rata nilai sumatif siswa pada mata pelajaran matematika yaitu 4,43. Juga terhadap proses pembelajaran yang masih menggunakan pembelajaran biasa sehingga aktivitas siswa cenderung pasif. Melihat kenyataan di atas, maka peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan harapan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan belajar mengajar sehingga tercipta  lingkungan belajar yang kondusif.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  ) terhadap siswa kelas IV MI Cicarulang Tasikmalaya  sebanyak 20 siswa. dengan langkah-langkah yang dilakukan berupa kegiatan siklus yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect(refleksi). Adapun Instrumen yang digunakan adalah  pre tes, tes formatif, post test, dan lembar observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara klasikal pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing telah memenuhi kriteria belajar tuntas.


Full Text:

Untitled

References


Depdiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 22, 23, dan 24 Tahun2006 Tentang Standar Isi, SKL, dan Pelaksanaannya. Jakarta: Depdiknas.

Merdekawati, A. (2001). Pembelajaran Matematika dengan Tekhnik Membaca SQ3R dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsep Matematika Siswa (Skripsi) FPMIPA UPI Bandung. Bandung: tidak dipublikasikan.

Ruseffendi, E.T. (2001). Pengantar Matematika

CBSA. Bandung: Tarsito.

Susilawati, W. (2007). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung. tidak dipublikasikan.

Virlianti,Y. (2001). Analisa Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah Konseptual pada Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistik. Skripsi UPI Bandung. Bandung: tidak dipublikasikan.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v1i2.2895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id