Penalaran matematis melalui group to group exchange berbantuan quizizz


Nadya Suciati Fauziah(1*), Juariah Juariah(2), Ida Nuraida(3), T. Tutut Widiastuti A(4)

(1) ,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah memperoleh pembelajaran Group to Group Exchange berbantuan Quizizz. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 2 kelas disalah satu SMK di Bandung Barat. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian dan pengolahan data N-Gain, diperoleh bahwa rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah memperoleh pembelajaran Group to Group Exchange berbantuan Quizizz adalah 0,70 dan rata rata N-Gain  pada pembelajaran konvensional adalah 0,50. Disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran Group to Group Exchange berbantuan Quizizz lebih baik daripada konvensional.

 

The purpose of this study was to determine the increase in students' mathematical reasoning abilities after receiving Group to Group Exchange assisted Quizizz learning. The used method is quasi-experimental design with The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The sample was taken by using the purposive sampling technique, to obtain a sample of 2 classes in one of the Vocational High Schools in West Bandung. The used instrument is test of mathematical reasoning ability. The results of research and processing of data N-Gain, it was found that the average increase in students' mathematical reasoning abilities after receiving Group to Group Exchange assisted Quizizz learning was 0.70 and the N-Gain average in conventional learning was 0.50. It was concluded that the improvement of students' mathematical reasoning abilities who received Group to Group Exchange assisted Quizizz learning was better than conventional.


Keywords


pembelajaran GGE, quizizz, penalaran matematis

References


BSNP. (2006). Standar isi. Jakarta: BSNP.

Fitri, L. A. (2019). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dan Problem Based Learning pada Materi Pokok Barisan dan Deret Kelas X SMK Cerdas Murni Tembung Tahun Pelajaran 2018/2019 [UIN Sumatera Utara]. Skripsi.

Gumilar, H. S. (2013). Penerapan pembelajaran kooperatif group to group exchange (gge) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMK [UPI]. Tesis.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Ju, S. Y., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurfaizah, I. (2019). Kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi gge (group to group exchange) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa kelas VII SMP Ma’arif Batu. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 14(2).

Pertiwi, A., & Kariadinata, R. (2017). Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa. Santika: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 7(1), 579–584.

Pidarta, M. (2009). Landasan Pendidikan. Rineka Cipta.

Pugalee, D. K. (2001). Using communication to develop students’ mathematical literacy. Mathematics Teaching in the Middle School, 6(5), 296.

Rosmaiyadi, R., Mariyam, M., & Juliyanti, J. (2018). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Group To Gruop Exchange Berpendekatan Kontekstual. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2.

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi media game edukasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas x ipa 7 sma negeri 15 semarang tahun pelajaran 2019/2020. EDUSAINTEK, 3.

Silberman, M. (2014). Active Learning 101 Cara Belajar Peserta Didik Aktif. Nuansa Cendeki.

Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57–67.

Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA dikaitkan dengan kemampuan penalaran logik siswa dan beberapa unsur proses belajar mengajar [Universitas Pendidikan Indonesia]. Disertasi.

Suryadi, D. (2005). Penggunaan pendekatan pembelajaran tidak langsung serta pendekatan gabungan langsung dan tidak langsung dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi siswa SLTP [Universitas Pendidikan Indonesia]. Disertasi.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Usman, H. (2017). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa MTsN 1 Model Kota Makassar [UIN ALAUDDIN MAKASSAR]. Skripsi.

Wahyudin, Z. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika [Universitas Pendidikan Indonesia]. Disertasi.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.9601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id