KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN ‎KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK

Annisa Rohmawati, Supiana Supiana

Abstract


Karakter religius adalah karakter yang perlu dikuatkan salah satunya dengan cara penanaman karakter religius di madrasah. Terdapat fenomena yang menarik untuk diteliti yaitu kepala Madrasah Aliyah Ar-Raudloh telah melaksanakan beberapa program penanaman karakter religius yang terbilang madrasah ini cukup muda yakni berdiri pada tahun 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, 1) latar alamiah MA Ar-Raudloh; 2) mengetahui gaya kepemimpinan kepala MA Ar-Raudloh dalam menanamkan karakter religius peserta didik; 3) mengetahui program penanaman karakter religius; 4) mengetahui hasil dari program penanaman karakter religius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan menyalin dokumen. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran data. Uji absah data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, pengecekan anggota serta uraian rinci. Berdasarkan hasil penelitian, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menanamkan Karakter Religius di Madrasah Aliyah Ar-Raudloh adalah pertama, sejalan dengan visi madrasah yaitu adanya program madrasah dalam meningkatkan karakter religius dan program keahlian seperti multimedia, tata busana dan usahawan. Kedua, rasa keterpanggilan dan keanggotaan dapat tercerminkan dari seluruh lapisan madrasah yang mengikuti pula program penanaman karakter layaknya peserta didik. Ketiga, komitmen organisasi yaitu dapat menerima sanksi atas pelanggaran yang dilakukan baik itu oleh peserta didik maupun seluruh staf madrasah.  Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan sebagian kecil contoh pengaruh dari program-program madrasah terhadap gaya kepemimpinan kepala madrasah. Khususnya mengenai kepemimpinan dengan tipe spiritual yang membawa dimensi keduniawian kepada dimensi spiritual kata (keilahian).

 


Full Text:

PDF

References


Dewantoro, A. (2017). Urgensi Spiritual Leadership Sebagai Upaya ‎Meningkatkan Pelayanan Guru Bimbingan Konseling/Konselor Yang ‎Profesional. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1–8. ‎http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk/article/view/201‎

Fatoni, M. (2017). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di ‎Mts Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang. Tarbawi: Jurnal ‎Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(2), 168–182. ‎https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1787‎

Fry, L. W. (2003). Toward a Theory of Spiritual Leadership. The Leadership ‎Quarterly2, 14(6), 693–727. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2003.09.001‎

Huda, M. B. (2018). Kontrol Nilai Religius dan Humanistis dalam Pendidikan ‎Karakter. Widyabastra, 06(1), 84–89. http://e-‎journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/3371‎

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.‎

Rahmawaty, A. (2016). Model Kepemimpinan Spiritual Dalam Meningkatkan ‎Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan di BMT se-Kabupaten Pati. ‎IQTISHADIA: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 9(2), 276. ‎https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v9i2.1732‎

Reave, L. (2005). Spiritual Values And Practices Related to Leadership ‎Effectiveness. The Leadership Quarterly, 16(5), 655–687. ‎https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2005.07.003‎

Safitri, N. M. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah ‎Di SMPN 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 173–183. ‎https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8621‎

Santoso, W. H. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah ‎Dalam Membangun Karakter Siswa Di Mi Ma’arif Bego Depok Sleman. ‎Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 57–75. ‎https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.76‎

Sanusi, H. P., & Astuti, A. (2018). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah. ‎Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1). ‎https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3288‎

Siswanto, S. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Niali Religius. Tadris: ‎Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 2–17. https://doi.org/10.19105/tjpi.v8i1.385‎

Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter ‎Berbasis Religius. Conference on Innovation and Application of Science and ‎Technology (CIASTECH 2018), 254–262. http://publishing-‎widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/630‎

Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa ‎Menuju Generasi Emas 2045 Yang Religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan ‎Islam, 10(1), 90–103. https://doi.org/10.19105/jpi.v10i1.640‎

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah ‎Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. Prosiding Konferensi Nasional ‎Kewarganegaraan III. http://eprints.uad.ac.id/9629/‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.5969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.