PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Nur Laelasari(1*), sari sari(2)

(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan konsep yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga dalam proses pembelajarannya harus menuntut siswa terlibat aktif. Berdasarkan studi lapangan di SMAN 26 Bandung diperoleh informasi bahwa belum semua siswa terlibat aktif saat prboses pembelajaran serta kurang terampilnya siswa dalam menggunakan alat bahan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan proses sains serta sikap ilmiah siswa melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas dengan subyek berjumlah 36 orang siswa kelas XI MIA 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, tes keterampilan proses sains, lembar observasi serta angket/kuesioner sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan mampu mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa. Keterampilan proses sains siswa selama dan setelah proses pembelajaran memperoleh hasil pencapaian yang baik dengan nilai rata-rata sebesar 70,7 dan 76,3. Sikap ilmiah siswa pada indikator keingintahuan dapat dikategorikan kurang, pada indikator bekerja sama dan toleransi dapat dikategorikan baik dibandingkan indikator sikap ilmiah lainnya. Keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa perlu dikembangkan secara maksimal dalam proses pembelajaran agar siswa dapat terlibat aktif.


Keywords


pendekatan saintifik; keterampilan proses sains; sikap ilmiah; kelarutan dan hasil kali kelarutan

References


Achmad, H.(2001). Kimia Larutan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Ango, M.L. (2002). Mastery of Science ProcessSkills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. University of Jos. Plateau State, Nigeria.

BSNP.(2006). Standar Isi Untuk Satuan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti jilid 2 (Ed.Ketiga).Terjemahan oleh M.A Martoprawiro, dkk. Jakarta : Erlangga.

Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dewi, S. (2008).Keterampilan Proses Sains. Jakarta: Tinta Emas Publishing.

Dimyanti dan Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Farida, I. (2013). Penilaian Proses Dan Hasil Belajar IPA-Kimia. Bandung:UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Iskandar, T. (2014).Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Kimia. [Online]. Tersedia: http:// pendekatan-saintifik-padapembelajaran-kimia.htm.[Diakses 15 November 2014].

Keil, dkk.(2009).Improvements in Student Achievement and Science Process Skills UsingEnvironmental Health Science Problem-Based Learning Curricula.Bowling Green State University. BowlingGreen.

Middlecamp, Catherine dan Elizabeth Kean.(1985). Panduan Belajar Kimia Dasar. Jakarta:PT Gramedia.

Rustaman, N.Y.(2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negei Malang.

Rosita, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran PLGI (PEER LED GUIDED INQUIRY) Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Bandung: UIN. Tidak Diterbitkan.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2012).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto.(2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahidin.(2006). Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung:Sangga Buana.

Wenning, J.C. (2005). Levels of Inquiry Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Departemen of Physics, Illionds State University. Konodas Gilgit-Baltistan, Pakistan..

Yunita.(2012). Bahan Ajar Kapita Selekta Kimia 2. Bandung: CV.Insan Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.15575/jta.v1i1.1159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Laelasari, sari sari

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637