MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PONDOK PESANTREN MODERN BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER: STUDI KASUS PADA SISWA ASSAADAH


Irfan Septiyan(1*), Heni Pujiastuti(2)

(1) UNIVERSITAS AGENG TIRTAYASA, Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi belajar matematika siswa pondok pesantren modern berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan metode kausal komparatif. Subjek penelitian adalah siswa Pondok Pesantern Modern Assaadah Kabupaten Serang sebanyak 60 siswa yang terdiri atas 30 laki-lai dan 30 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya yaitu angket motivasi belajar matematika. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor motivasi belajar siswa perempuan berada pada katagori tinggi dengan nilai skor rata-rata berada pada persentase 68%-83% dengan frekuensi jumlah siswa 63,3%  lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki yang hanya memiliki frekuensi jumlah siswa 53,3% yang juga berada di katagori motivasi tinggi dengan nilai skor rata-rata berada pada persentase 68%-83%. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan bahwa perbedaan tersebut signifikan. Artinya, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa Pesantren Modern berjenis kelamin perempuan lebih baik dibandingkan laki-laki.

Katakunci : Motivasi Belajar, Matematika , Gender, Pesantren Modern


Keywords


Motivasi Belajar, Matematika , Gender, Pesantren Modern

References


Behaghel, L., Chaisemartin, C. De, & Gurgand, M. (2017). Ready for Boarding? The Effects of a Boarding School for Disadvantaged Students. American Economic Jurnal, 9(1), 140–164. https://doi.org/10.1257/app.20150090

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2016). Pengaruh Karakteristik Gender dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4, 32–45. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index%0APENGARUH

Hoang, T. N. (2008). The Effects Grade Lavel, Gander, and Ethnicity on Attitude and Learning Enviroment in Mathematics in Highs School. International Electronic Journal of Mathematics Education, 3(1). Retrieved from www.iejme.com

Kustiyani, L., & Setiawani, S. (2015). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa MA Nahdlatul Arifin Ambulu Jember. ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA, P.MIPA, FKIP, Universitas Jember (UNEJ), 1–6.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (2nd ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Li, Q., & Ma, X. (2010). A Meta-analysis of the Effects of Computer Technology on School Students ’ Mathematics Learning, 215–243. https://doi.org/10.1007/s10648-010-9125-8

Mori, S., & Gobel, P. (2006). Motivation and gender in the Japanese EFL classroom, 34, 194–210. https://doi.org/10.1016/j.system.2005.11.002

Mulqueeny, K., Kostyuk, V., Baker, R. S., & Ocumpaugh, J. (2015). Incorporating effective e-learning principles to improve student engagement in middle-school mathematics. International Journal of STEM Education, 1–14. https://doi.org/10.1186/s40594-015-0028-6

Nafi’an, M. I. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gender di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema ”Matematika Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran” Pada Tanggal 3 Desember 2011 Di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.ISBN: 978–979–16353–6–3, 978–979.

Nata, A. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo Persada.

Orton, A. (2004). Learning Mathematics Third Edition Issues, Theory and Classroom practice. London: Continuum.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Schukajlow, S., & Pekrun, K. R. R. (2017). Emotions and motivation in mathematics education : theoretical considerations and empirical contributions. ZDM, 49(3), 307–322. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0864-6

Sholihah, D. A., & Mahmadi, A. (2015). Keefektifan Experimential Learning Pembelajaran Matematika MTS Materi Bangun Ruang. Jurnal Risiet Pendidikan Matematika, 2(November), 175–185. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index

Star, J. R., Chen, J. A., Taylor, M. W., Durkin, K., Dede, C., & Chao, T. (2014). Studying technology-based strategies for enhancing motivation in mathematics. International Journal of STEM Education, 1(1), 7. https://doi.org/10.1186/2196-7822-1-7

Watt, H. M. G., Shapka, J. D., Morris, Z. A., Durik, A. M., Keating, D. P., & Eccles, J. S. (2012). Gendered Motivational Processes Affecting High School Mathematics Participation , Educational Aspirations , and Career Plans : A Comparison of Samples From Australia , Canada , and the United States, 48(6), 1594–1611. https://doi.org/10.1037/a0027838




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.3947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id