Analisis pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel


Nurlafifah Rosida(1*), Heni Pujiastuti(2)

(1) , Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel merupakan aspek kognitif yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh deskripsi dan analisis kemampuan pemahaman konsep sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kemampuan siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diambil adalah siswa dari salah satu smp di Kota Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan sedang dan rendah belum mampu menyimpulkan dengan baik, sehingga frekuensi latihannya perlu ditingkatkan.

Keywords


Analisis, Pemahaman Konsep, SPLDV

References


Abiyasa, P. K., Yulianto, Y. R. D., & Pratini, H. S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi SPLDV dengan Ilustrasi Kegiatan Jual-Beli Pakaian Adat. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.19

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Jakarta). Depdiknas.

Edusainstek, S. N., Sholikhah, U. P., Purwaningsih, S., Sulistyaningsih, D., Semarang, U. M., & Semarang, U. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Materi. 3, 482–488.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Fisher, D., Yaniawati, R. P., Supianti, I. in, & Mariani, M. (2019). Pendekatan saintifik berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence. Jurnal Analisa, 5(2), 137–151. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6234

Fitria, M., Kartasasmita, B., Supianti, I. I., Pasundan, U., Pasundan, U., Pasundan, U., Teaching, R., & Matematis, K. (2019). Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran. 8(2), 124–134.

Gurria, A. (2014). PISA 2015 Resulst in Focus: What 15 year olds know and what they can do with what they know. OECD.

Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120

Inquiry, P. (2018). Jurnal KajianPembelajaran Matematika. 2(April), 31–38.

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179–187. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709

Muhajirin, & Panorama, M. (2017). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Idea Press.

Mullis, I. V. S., O.Martin, M., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Result in Mathematics. International Study Center.

Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika.

Pendidikan, J., Dan, M., Aktivitas, P., Terhadap, B., Siswa, B., Model, M., Learning, P. D., & Scaffolding, D. M. (2019). Jurnal pendidikan matematika dan ipa. 10(2), 301. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan, 3(Malang), 1–8.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.60

Sudirman. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Interaksi Model Pembelajaran dengan Tingkat Minat Belajar. 2017, 229–237.

Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Analisa, 4(1), 172–178. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Suwarman, R. F., Suryakancana, U., Program, K., Pendidikan, S., Universitas, M., Tahun, S., & Komputer, P. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep. Jurnal Prisma, VII(2), 227–237.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Yanti, S. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Diskusi Kelompok Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(1), 63. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.29658




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id