KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGELOLA EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD PADA PEMBELAJARAN KLASIFIKASI TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN APERSEPSI TAYANGAN VIDEO


Tuti Garnasih(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengelola extraneous cognitive load (ECL) pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan dengan menggunakan apersepsi tayangan video. Metode yang digunakan Quasy Experiment dengan desain penelitianPosttest–Only Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAS Ar-Rosyidiyah Cibiru Kota Bandung tahun pelajaran 2017/2018yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lembar kuesioner subjective rating scale dengan skala Likert menggunakan lima pilihan jawabandigunakan dalam penelitian untuk mengetahui beban ECL siswa dalam menerima dan mengolah informasi selama pembelajaran dan untuk mengetahui keterkaitan rancangan pembelajaran yang diberikan oleh guru yang diberikan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apersepsi tayangan video di kelas eksperimen mampu mengelola beban ECL.


Keywords


Apersepsi, Tayangan Video, Extraneous Cognitive Load, , Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan.

References


Anggraeni, S. (2009). Pertanyaan yang Dikembangkan Guru di dalam RPP pada saat Merencanakan Open Lesson. Disampaikan di acara International Conference of Lesson Study, FMIPA-UPI.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Kalyuga, S. (2010). Cognitive Load Theory: Schema Acquesition and Source of Cognitive Load.Cambridge: Cambridge University Press.

Kuan, Ngel Choon Hao. (2010). Integrating Link Maps Into Multimedia: an Investigation. Sydney: University of Sydney.

Mansur. (2015). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi. Artikel E-Buletin Edisi Februari 2015.

Mayer, R.E. & Moreno, J. (2002). Nine Ways To Reduce Cognitive Load in Multimedia Learning. Journal of Educational Pscycologist, 38.

Paas, J.L., et.all. (2010). Cognitive Load Theory. Cambridge: Cambridge University Press.

Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Schnotz, W. & Kurschner, C. (2007). A Reconsideration of Cognitive Load Theory. Journal of Educational Psychologist, 19.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sweller, J. (2010). Cognitive Load Theory: Recent Theoretical Advances. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats