KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGELOLA EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD PADA PEMBELAJARAN KLASIFIKASI TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN APERSEPSI TAYANGAN VIDEO
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3189Keywords:
Apersepsi, Tayangan Video, Extraneous Cognitive Load, , Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengelola extraneous cognitive load (ECL) pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan dengan menggunakan apersepsi tayangan video. Metode yang digunakan Quasy Experiment dengan desain penelitianPosttest–Only Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAS Ar-Rosyidiyah Cibiru Kota Bandung tahun pelajaran 2017/2018yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lembar kuesioner subjective rating scale dengan skala Likert menggunakan lima pilihan jawabandigunakan dalam penelitian untuk mengetahui beban ECL siswa dalam menerima dan mengolah informasi selama pembelajaran dan untuk mengetahui keterkaitan rancangan pembelajaran yang diberikan oleh guru yang diberikan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apersepsi tayangan video di kelas eksperimen mampu mengelola beban ECL.
References
Anggraeni, S. (2009). Pertanyaan yang Dikembangkan Guru di dalam RPP pada saat Merencanakan Open Lesson. Disampaikan di acara International Conference of Lesson Study, FMIPA-UPI.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Kalyuga, S. (2010). Cognitive Load Theory: Schema Acquesition and Source of Cognitive Load.Cambridge: Cambridge University Press.
Kuan, Ngel Choon Hao. (2010). Integrating Link Maps Into Multimedia: an Investigation. Sydney: University of Sydney.
Mansur. (2015). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi. Artikel E-Buletin Edisi Februari 2015.
Mayer, R.E. & Moreno, J. (2002). Nine Ways To Reduce Cognitive Load in Multimedia Learning. Journal of Educational Pscycologist, 38.
Paas, J.L., et.all. (2010). Cognitive Load Theory. Cambridge: Cambridge University Press.
Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Schnotz, W. & Kurschner, C. (2007). A Reconsideration of Cognitive Load Theory. Journal of Educational Psychologist, 19.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sweller, J. (2010). Cognitive Load Theory: Recent Theoretical Advances. Cambridge: Cambridge University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).