PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KONSEP KOLOID UNTUK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA


Evi Sapinatul Bahriah(1*), Siti Suryaningsih(2), Dewi Yuniati(3)

(1) , Indonesia
(2) Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Indonesia
(3) Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk  menelusuri keterampilan proses sains siswa yang dikembangkan oleh guru pada konsep koloid melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini melibatkan subyek penelitian sebanyak 35 siswa. Data-data diperoleh dari lembar observasi pembelajaran untuk mengetahui keterampilan proses sains yang dikembangkan siswa dan angket yang digunakan untuk menjaring respon siswa terhadap pembelajaran. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa telah memiliki semua indikator keterampilan proses sains yang termasuk kategori baik (nilai rerata 78,41). Siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran, karena merasa lebih paham, meningkatkan motivasi dan minat belajar.

Keywords


pembelajaran berbasis proyek; keterampilan proses sains; koloid

References


Abel, Triosa. (2016). Pengembangan Perangkat Praktikum Berbasis Biodiversitas Lokal Pada Materi Jamur Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2). 30-35.

Amelia, Adhistia., Hartono & Sri, D. Kartika. (2014). Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 1 (1), 1-8.

Çakici, Yilmaz., Türkmen, Nihal. (2013). An Investigation of The Effect of Project Based Learning Approach on Children’s Achievement and Attitude in Science. The Online Journal of Science and Technology, 3(2).

Farida, I, Hadiansah, Mahmud & A.Munandar. (2017). Project-based learning design for internalization of environmental literacy with islamic value. Journal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2) : 277-284.

Fiktoyana, Nyoman Haris., Arsa, I Putu Suka., Adiarta, Agus. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X-TIPTL 3 Tahun Pelajaran 2014/2015 Di SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(1). 1-12.

Fitrina, Ikhsan, Munzir, (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat. Jurnal Didatik Matematika. 3(1), 2355-4185.

Ikhsan, Jaslin., Riyanningsih, Septi & Sulistiowati. (2016). The Action For Improving Science Process Skill of Students’ Through Scientific Approach and The Use ICT Support in Volumetric Analytical Chemistry at SMK – SMAK Bogor. International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2016).

İnce Aka, E., Güven, E. & Aydoğdu, M. (2010). Effect of problem solving method on science process skills and academic achievement. Journal of Turkish Science Education, 7(4), 13–25.

Jack, G. U. (2013). The Influence of Identified Student and School Variables on Student Science Process Skill Acquisition. Journal of Education and Practice. 4(5): 16-22.

Kartimi, Yulia. Ria., & Ayani. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pengajaran Biologi untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII di SMPN 1 Talun. Jurnal Scientiae Educatia, 2 (1), 73-85.

Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Project BasedLearning (PjBL) Pada Materi EkosistemTerhadap Sikap dan Keterampilan Proses SainsSiswa SMAN 2 Malang. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Accessed in http://www.google.com/1_susriyati_univ .negeri_mal ang.pdf.

Malik, A., Handayani, W., Nuraini, R. (2015). Model Praktikum Problem Solving Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Prosiding Simposium Nasionaldan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), (hal. 193-196). Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Maradona. (2013). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA ISLAM Samarinda Pada Pokok Bahsan Hidrolisis Melalui Metode Eksperimen. Prosiding SeminarNasional Kimia 2013, (hal. 62-70).

Mihardi, S. (2013). Effect of Project Based Learning Model with KWL (Know-WantLearn) Worksheet on Creative Thinking in Solved Physics Problems. Thesis in State University of Medan (Unimed). Indonesia, Medan: Universitas Negeri Medan.

Muslim, Buchori. (2015). Pembelajaran Hidrolisis Garam Menggunakan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Tipe Gallet. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (JPPI), 1 (1). 76- 90.

Omar, Romarzila., Puteh, Sharifah Nor., Ikhsan, Zanaton. (2014). Implementation of Science Skills Process in Project Based Learning Through Collaborative Action Research. ICER 2014.

Putra, Aditya Hadi Infantri., Widoretno, Sri., dan Adi, Baskoro. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Siswa Melalui Penerapan Model Learning Cycle 5E di Kelas VIII G SMP Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 89-100.

Putri dan Sutarno. (2012). Model Kegiatan Laboratorium Berbasis Problem Solving Pada Pembelajaran Gelombang dan Optik untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Exacta. 10(2). 1412-3617.

Rahmawati, Putri Nur Laily., Muchtar, Imam & Mardiati, Yayuk. (2014). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Menghargai Keputusan Bersama di SD Darul Hikmah Kranjingan Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Artikel IlmiahMahasiswa UNEJ, (hal. 1 - 5). Universitas Negeri Jember.

Rauf, R. A., Lyndon, N., Mansor, A. N., Rasul, M. S., Othman, Z. (2013). Inculcation of Science Process Skills in a Science Classroom. Asian Social Science, 9 (8), 47-57.

Saputri, Masykuri, Ashadi, Haryono. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Dengan Metode Proyek dan Eksperimen Ditinjau Dari Kreativitas dan Keterampilan Menggunakan Alat Laboratorium. Jurnal Inkuiri. 2 (3), 2252- 7893.

Sheeba, M. N. (2013). An Anatomy of Science Process Skills in The Light of The Challenges to Realize Science Instruction Leading to Global Excellence in Education. Educationia Confab, 2 (4), 2320-009.

Siwa, IB., Muderawan, I. W., dan Tika, I.N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains ditijau dari Gaya Kognitif Siswa. Singaraja: e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2013).

Sukarno., Permanasari, A., & Hamidah, I. (2013). The Profile of Science Process Skill (SPS) Student at Secondary High School (Case Study in Jambi). International Journal of Scientific Enginering andResearch. 1(1): 79-83.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tasiwan. (2015). Efek Pembelajaran Berbasis Proyek Terbimbing Terhadap Perkembangan Keterampilan Proses dan Sikap Sains Siswa. Berkala Fisika Indonesia, 7(2).

Thomas, John.W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation 111 MeInnis Paarkway.

Tseng, Kuo-Hung., dkk. (2011). Attitudes Toward Science, Technology, Engineering and Mathermatics (STEM) in a Project Based Learning (PjBL) Environment. J Technol Des Educ: Springer, 23, 87-102.

Widayanto. (2009). Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui Kit Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5 (1), 1-9.

Zeidan, A. Hafez & Jayosi, M. Rashed. (2015). Science Process Skills and Attitudes towards Science among Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education, 5 (1), 13-24.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v2i2.1883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Evi Sapinatul Bahriah, Siti Suryaningsih, Dewi Yuniati

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637