PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 SEWON


Khairunnisa Khairunnisa(1*), Asih Widi Wisudawati(2)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(2) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kreativitas berpikir kimia peserta didik. Kajian pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu soal essay untuk mengukur indikator kreativitas berpikir yaitu kelancaran, orisinil, dan evaluasi. Data pre-test dan post-test selanjutnya diolah untuk mendapatkan data nilai tes kreativitas berpikir kimia. Analisis menggunakan uji statistika parametrik uji t untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia peserta didik. Analisis data skor hasil skala kemampuan kreativitas berpikir dilakukan menggunakan uji statistika non parametrik uji Mann Whitney untuk mengkaji pengaruh implementasi model pembelajaran terhadap skala kemampuan kreativitas berpikir kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil tes kreativitas berpikir kimia dan skala kemampuan kreativitas berpikir kimia peserta didik. Hasil uji statistika terhadap nilai tes kreativitas berpikir kimia diperoleh nlai sig.(2-tailed) sebesar 0,018. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor hasil tes kreativitas berpikir kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistika terhadap skala kemampuan kreativitas berpikir peserta didik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor skala kemampuan kreativitas berpikir kimia peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Treffinger mampu meningkatkan kreativitas berpikir kimia pada peserta didik.

Keywords


Kelarutan dan Ksp; Kreativitas Berpikir; dan Model Pembelajaran Treffinger

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Juliantine, Tite. (2009). Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).

Mayesky, Mary. (1990). Creative Activities for Young Children. USA: Delmat Publisher Inc.

Muliyani, M., Leny, L., & Suharto, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Hidrolisis Garam Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal Of Chemistry And Education, 1(1), 86-92.

Munandar, Utami. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin. Scripta Cendekia.

Nisa, T. F. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinger Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35-48.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses Januari 2017.

Pellegrino, J. W. & Hilton M. L. (Eds.). (2012). Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. Committee 011 Defining Deeper Learning and 21׳ Centuiy Skills. National Research Council of the National Academies.

Pratiwi, Y., Mulyani, S., & Ashadi, A. (2015). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Interaksi Sosial Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) dilengkapi Media Peta Konsep pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 182-188.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Yunita, Sri. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kepriadian Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa Jurusan PPKN FIS UNIMED. Medan: UNIMED.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khairunnisa Khairunnisa, Asih Widi Wisudawati

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Chemistry Education: Jurnal Tadris Kimiya licensed with Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Copyright is protected by lawp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637