PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTENT CONTEXT CONNECTION RESEARCHING REASONING REFLECTING (3C3R) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA KONSEP KOLOID


Ramlan Burhanudin(1*), Cucu Zenab Subarkah(2), Sari Sari(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Model Content Context Connection Researching Reasoning Reflecting (3C3R) merupakan model belajar dengan menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan pengalaman nyata. Keterampilan generik sains perlu dikembangkan sebagai wahana penemuan dan pengembangan konsep, prinsip dan teori dalam memahami konsep koloid. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa setelah pembelajaran dengan model 3C3R pada konsep koloid. Metode yang digunakan yaitu penelitian kelas dengan subjek siswa kelas XI MIA 4 SMAN 26 Bandung. Hasil penelitian keterampilan generik sains siswa pada indikator pengamatan langsung, inferensi logika, dan membangun konsep berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 88, 82, dan 81, sedangkan indikator kesadaran tentang skala besaran, pemodelan dengan rata-rata 75 dan 71, berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model 3C3R pada pembelajaran koloid dapat mengembangkan keterampilan generik sains siswa.

Keywords


model 3C3R; keterampilan generik sains; dan konsep koloid.

References


Abdul, S. (2014). Penerapan Model 3C3R untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi larutan penyangga. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Brady, J.E. (1999). Kimia Universitas Asas dan Struktur Edisi Lima. Jakarta: Bina Putra Aksara.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep-konsep inti. Jilid II (Ed.Ketiga). Terjemahan oleh M.A. Martoprawiro, dkk. Jakarta: Erlangga.

Crawford, M.L. (2001). Teaching Contextually: Research, Rationale, and Tehniques, For Improving Student Motivation and Achievment in Mathematis and Science. Texas: CORD CCI Publishing Ic.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. (http://www.puskur.net), diakses 20 Januari 2015.

Dimyati dan Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyanti, G. (2001). Pengembangan Keterampilan Generik Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kimia di SMU pada Pokok Bahasan Koloid. (http://file.upi.edu/directori/fpmipa/jur_pend_kimia.html), diakses 27 Desember 2014.

Gallagher, J.J. (2007). Teaching Science for Understanding: A Practical Guide for School Teachers., New Jersey. Pearson Merril Prentice Hall. New Jersey.

Hung, Woei. (2006). The 3C3R Model: A Conceptual Framework for Designing Problems in PBL. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1,55-75.

Hung, Woei. (2009). The 9-step problem design process for problem-based learning: Application of the 3C3R model. University of North Dakota, Instructional Design & Technology, Education Building Room, 4,118-141.

Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna). Terjemahan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Media Utama.

Lie, A. (2008). Memperaktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Liliasari, Rustaman, R., Mulyani S. (2007).”Scientific Concept And Generic Science Skill Relationship in the 21st Century Science Education”. Seminar Proceeding of The First International Seminar of Science Education. (http://file.upi.edu/), diakses 20 Februari 2015.

Liliasari. (2008). Peningkatan Kualitas Pendidikan Kimia dari Pemahaman Konsep Kimia Menjadi Berpikir Kimia. Tersedia. (http://file.upi.edu), diakses 20 Februari 2015.

Liliasari. (2009). Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Sains Kimia Menuju Profesionalitas Guru. (http://jurnal.pdii.lipi.go.id/jurnal_penelitian _pendidikan/), diakses 10 Februari 2015.

Siregar, N. (1998). Penelitian Kelas: Teori, Metodologi & Analisis. Bandung: IKIP Bandung Press.

Sudrajat, A. (2014). Penerapan Model 3C3R Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. tidak diterbitkan.

Sunyono. (2009) Pembelajaran IPA dengan Keterampilan Generik. (http://.unila.ac.id/), diakses 10 Maret 2015.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Sutawidjaja, A. (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yunita. (2009). Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia. Bandung: Insan Mandiri.

Yunita. (2012). Model-Model Pembelajaran Kimia. Bandung: CV Insan Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ramlan Burhanudin, Cucu Zenab Subarkah, Sari Sari

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637