EFEKTIFITAS MEDIA MENTIMETER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BAHASA ARAB ERA PANDEMI COVID-19 DI MI AL-HUDA PENGASTULAN SERIRIT BALI


Umar Manshur(1*), Hajar Rosdiana(2)

(1) Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia
(2) Universitas Nurul Jadid Probolinggo,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran Bahasa arab terkenal dengan pembalajaran yang sulit dan membosankan, apabila dilakukan dengan sistem online tentunya akan sangat menyulitkan daripada sistem offline, sehingga menyebabkan minat pelajar pada pembelajaran Bahasa arab sangat minim. Oleh sebab itu, metode pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media sangatlah dibutuhkan agar proses pembelajaran mejadi interaktif dan menarik. Maka media pembelajaran inovaif dapat menjadi solusi dari permasalah tersebut. Metode yang dipakai dalam peneliian ini yaitu metode kuantitatif dengan memakai Pre-Test Post Test One Group Design yang dilaksanakan di MI Al-Huda Pengastulan. Berdasarkan perhitungan statistic yang telah dilakukan nilai hitung adalah 0.002. karena nilai hitung lebih kecil dari nilai kritik 0.05 maka bisa disimpulkan hasil yang didapat adalah signifinkan. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman ketika tidak memakai media mentimeter dan ketika memakai media mentimeter dalam materi Bahasa arab.

Kata kunci : Media Mentimeter, Pemahaman Pembelajaran Online, Bahasa Arab, Pandemi Covid-19.


Keywords


Media Mentimeter, Pemahaman Pembelajaran Online, Bahasa Arab, Pandemi Covid-19.

References


Albantani, A. M., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2015). PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH. 2(2), 178–191.

Andrini, V. S., & Pratama, H. (2021). Implementasi Quiz Interaktif dengan Software Mentimeter dalam Meningkatkan Hasil Belajar. 26(2), 287–294.

Efendi, R. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Daring Berbasis E-Learning di Masa New Normal di SD 05 Koto Baru Dharmasraya: Pelatihan Media Pembelajaran Daring Berbasis E-Learning di Masa New Normal di SD 05 Koto Baru Dharmasraya. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah, 1(1), 31–36.

Efendi, R., Jama, J., & Yulastri, A. (2019). Development of Competency Based Learning Model in Learning Computer Networks. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012109

Fay, D. L. (1967). Jurus Jitu Pendidik pada Pelaksanaan Daring. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://files.osf.io/v1/resources/f5t2c/providers/osfstorage/60d58a5007e96e00e318b0f4?format=pdf&action=download&direct&version=1

Febrianti, R., & Pekanbaru, K. (2021). SIBOLGA BERBASIS HOTS MELALUI WEBSITE MENTIMETER BAGI. 10(2), 182–192.

Hasyyati, & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Evaluasi menggunakan Mentimeter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(4), 2550–2562.

Herlawati, Nidaul Khasanah, F., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(1), 42–52. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i1.454

Irfan, M., & Ariandi, A. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Daring oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 139–144. https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.866

Istima, K., & Takallum, D. A. N. (2011). Strategi pembelajaran bahasa arab aktif (kemahiran. 8(02), 219–235.

Iswanto, R. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi. 1(2).

Lestari, N. G. A. M. Y. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. In Covid-19: Perspektif Pendidikan (Issue 07).

NURYADI, TUTUT DEWI ASTUTI, ENDANG SRI UTAMI, & MARTINUS BUDIANTARA. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf

Pintar, P. P. (2018). صخللماوفرصلاووحنلاملعنعاديعب،ةيبرعلاةغللايفةيماهلارصانعنمدحاويهتادرفلماةصاخ،ةغللاميلعتيفريثأتلاورودلاوةفيظولتادرفلمااهيدلةيبرعلاةغللا،توصالألئاسونمةدحاوهيبنجلألاةغللاميلعتيتلايسينودنلإلابلاطللةيبرعلاةغللاميل. II, 18–32.

Study, M. (2019). Pembelajaran fleksibel berasaskan Massive Open Online Course (Mooc) suatu transformasi dalam pengajian manuskrip Melayu. International Journal of the Malay World and Civilisation, 7(3), 63–73.

Suherman, A., Dimyati, E., Hermansyah, Melati, P., & Darojat, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Mentimeter dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada MGMP PPKn Kabupaten Garut. Jurnal PEKEMAS Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 51–56.

Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10.

Sunarti, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Dalam Mengembangkan Presentasi Interaktif Online Dengan Aplikasi Mentimeter Di Balai Diklat Keagamaan Palembang. Jurnal Perspektif, 14(2), 283–296. https://doi.org/10.53746/perspektif.v14i2.57

Tindowen, D. J. C., Bassig, J. M., & Cagurangan, J. A. (2017). Twenty-First-Century Skills of Alternative Learning System Learners. SAGE Open, 7(3), 1–8. https://doi.org/10.1177/2158244017726116

Wahid, A., Aprilia, N., & Rhayu, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Mentimeter Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Selomoyo Magelang Tahun Pelajaran 2020/2021. Concept and Communication, 4, 1570–1581.

Wahida, B., & Pd, M. I. (n.d.). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( Studi Kasus terhadap Problematika Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Pontianak ). 43–64.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9759/4611

Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Form bagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Publikasi Pendidikan, 10(3), 182. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15055

Zulfa, D. R., & Huda, N. (2021). Efektivitas Media Mentimeter Pada Pemahaman Materi Bahasa Arab Era Pandemi Covid-19. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 24–39. https://doi.org/10.19105/alb.v2i1.4142

الشعراني, إ. ف., &الوزير, غ. ج. (2006). No Titleالتعويضاتالمتحركةالكاملةوالتعويضاتالفكيةالوجهية. منشوراتجامعةدمشق, 1999(December), 1–6.

Ardiana. (2021). Guru Bahasa Arab kelas V MI Al Huda Pengastulan.

according to its pronunciation.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v4i2.15732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Umar Manshur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343