PENGEMBANGAN SOAL HOTS DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR SEBAGAI MEDIA DISPLAY PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X


Siti Imroatus Sa'adah(1*), Rasmiwetti Rasmiwetti(2), Roza Linda(3)

(1) Riau University, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Riau, Jl. H. R. Soebrantas KM 12,5 Panam, Pekanbaru, 28293, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Riau, Jl. H. R. Soebrantas KM 12,5 Panam, Pekanbaru, 28293, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan evaluasi berupa Soal HOTS (High Order Thinking Skill) dengan wondershare quiz creator sebagai media display pada materi stoikiometri yang valid dan reliabel. Penelitian dirancang menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Plomp. Pengguna terdiri dari tiga orang guru dan 45 peserta didik kelas XI di sekolah SMA Cendana Pekanbaru, SMA 8 Pekanbaru dan MAN 2 Model Pekanbaru. Objek penelitian adalah soal HOTS dengan wondershare quiz creator sebagai media display. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Data penelitian diperoleh dengan memvalidasi soal HOTS dengan wondershare quiz creator sebagai media display kepada lima orang validator (tiga validator materi dan dua validator media) dan uji coba soal HOTS oleh pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan skor rata-rata validator materi berdasarkan aspek materi dengan persentase 95,34%, aspek konstruksi 95,20% dan aspek bahasa 93,14%. Menurut validator media berdasarkan aspek substansi materi dengan persentase 84,00%, desain pembelajaran 86,00%, tampilan (komunikasi visual) 84,00% dan pemanfaatan software 88,57 %. Skor respon pengguna oleh guru dan peserta didik masing-masing 90,67% dan 91,20% dengan kriteria sangat baik.


Keywords


HOTS; stoikiometri; wondershare quiz creator

References


Afriani, A., Setyarini, M., & Efkar, T. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Berbasis HOTS pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 1 – 12.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Hernawati, K. (2009). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Interaktif Berbasis Web dengan Menggunakan Perangkat Lunak Bantu Wondershare Quiz Creator. Yogyakarta: Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Iqbal, W.M.G., Fadhilah, R., Hadiarti, D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator pada Materi Koloid Kelas XI di SMA Koperasi Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 11-19.

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2009). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.

Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.

Riduwan. (2013). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Matematika. Jurnal Kreano. 3 (1), 59-72.

Rohmad, A., Suhandini, P., Sriyanto. (2013). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKS) berbasis eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi (EEK) serta kebencanaan sebagai bahan ajar mata pelajaran geografi SMA/MA di Kabupaten Rembang. Jurnal Edu Geography, 1(2), 1-5.

Senjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarna, S. (2005). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Watoni, A.H. (2014). Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI (Peminatan). Bandung: Yrama Widya.

Widoyoko, E.P. (2012). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pascasarjana. Surabya: FMIPA UNESA.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 siti imroatus saadah

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637