IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DASAR
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5695Abstract
Penjaminan mutu internal diterapkan dengan mengacu pada standar nasonal pendidikan, untuk mewijudkan tujuan pendidikan nasional. Mutu internal kini tidak hanya di terapkan di universitas saja, tetapi di terapkan juga di pendidikan dasar dan menengah. Sehingga penjaminan mutu dan pemenuhan standar mutu pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah lebih terjamin dan terarah. Tujuan penelitia ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan penerapan siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kegiatan perbaikan mutu yang diterapkan sesuai dengan tahapan siklus SPMI yang dilakukan di SMP Darul Falah Cihampelas meliputi: Satu, evaluasi diri sekolah yang berdasarkan pada rapot mutu pendidikan, Kedua, perencanaan perbaikan mutu dengan penetapan panitia penjaminan mutu dan menganalisi kermbali hasil evaluasi diri sekolah, Ketiga, pelaksanaan perbaikan mutu, keempat, monitoring evaluasi dan hasil peningkatan mutu setelah dilakukannya perbaikan mutu, dank elima perencanaan mutu kembali untuk tahun mendatang. Hasil dari penerapan penjaminan mutu internal berdampak pada proses pembelajra yang lebih inovatif, prestasi siswa dan pencapaian sekolah, hingga kepuasan pelanggan baik interal maupun eksternal, serta pemenuhan depalan standar nasional pendidikan.
Kata Kunci: Implementasi, Penjaminan Mutu, Mutu Internal
References
Asia. (2017). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Administrasi Publik, 13(1). Diambil dari jurnal-ap.org/index.php/jap/article/view/77/60
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Petunjuk Teknis Pengembangan Sekolah Model dan Pola Pengimbasan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gaspersz, V. (2005). Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hardianto. (2016). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Pada Lembaga Pendidikan Islam. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 165–182.
http://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/29/27
Hendrowati, T. Y. (2016). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Sekolah pada SMPN 25 Bandar Lampung. Jurnal E-DuMath, 2(3). Diambil dari https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/download/189/132
Jamaluddin, J., & Sopiah, S. (2018). Desain Sekolah Model: Studi Penjaminan Mutu Pendidikan. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), 99. https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.47
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
Puspitasari, H. (2018). Standar Proses Pembelajaran Sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Muslim Heritage, 2(2), 339. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1115
Sani, R. A., Arifin, R. S., Rif’an, M., & Triatna, C. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal. Tangerang: Tiara Smart.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Uchtiawati, S., & Zawawi, I. (2014). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas berstandar Internasional. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 2–56.
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/viewFile/1735/1829
Umam, K. (2014). Manajemen Perkantoran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).