MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN ‎KOMPETENSI PROFESIONAL
DOI:
https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6121Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses pembinaan akal manusia yang mana potensi utamanya adalah sebagai makhluk yang berpikir. Pendidikan di dalamnya terdapat suatu proses pembelajaran yang keberhasilannya tergantung kepada sumber daya yang dinamakan tenaga pendidik atau guru. Oleh karenanya dalam suatu lembaga pendidikan perlu adanya proses manajemen tenaga pendidik yang baik guna meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses manajemen tenaga pendidik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara baku terbuka, dan teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan tenaga pendidik di SMP IT Imam Bukhari dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap mapping, rekrutmen, seleksi dan penempatan. Pengorganisasian tenaga pendidik di SMP IT Imam Bukhari dilakukan dengan cara memberikan tugas tambahan selain mengajar, adapun pendistribusiannya dilakukan oleh pihak yayasan. Penyusunan staf di SMP IT Imam Bukhari di sesuaikan dengan kebutuhan dan mengacu pada standar pengelolaan sekolah. Penggerakkan tenaga pendidik di SMP IT Imam Bukhari dilakukan melalui beberapa program yaitu pembinaan spiritual, halaqah Qur’an, fiah qalilah, pelatihan, dan inovasi pembelajaran. Pengawasan yang dilakukan di SMP IT Imam Bukhari yaitu melalui pengecekan kehadiran oleh Kepala Sekolah baik kehadiran secara manual maupun finger print dan juga observasi lapangan pada proses belajar mengajar.
References
Athoillah, A. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Pustaka Setia.‎
Badrudin, B. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta.‎
Basri, H. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia.‎
Fathorrahman, F. (2017). Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan ‎Kompetensi Sosial Dosen. Akademika: Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan ‎Bisnis, 15(1), 1–6. https://doi.org/10.51881/jam.v15i1.67‎
Fitriani, C., Murniati, A., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru ‎Dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. ‎Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88–‎‎95. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/8246‎
Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi ‎Aksara.‎
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, ‎Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar ‎Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem ‎Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, ‎‎2(1). https://doi.org/10.20961/iman.v2i1.19638‎
Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi, dan ‎Implementasi. Alfabeta.‎
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Stratifikasi Guru. PT Remaja ‎Rosdakarya.‎
Nurdin, D., & Bakar, A. (2011). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. PT ‎Sarana Panca Karya Nusa.‎
Rochman, C., & Gunawan, H. (2011). Pengembangan Kompetensi Kepribadian ‎Guru (Menjadi Pendidik yang Dicintai dan Diteladani Siswa). Nuansa ‎Cendekia.‎
Sagala, S. (2012). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Alfabeta.‎
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.‎
Susanti, S. (2014). Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam ‎Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Handayani, 1(2), 9–‎‎19. https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1255‎
Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap ‎Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah). as@-prima.‎
Wahyudi, I. (2012). Pengembangan Pendidikan (Strategi Inovatif dan Kreatif ‎Dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif). PT Prestasi.‎
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).