(LKPD) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC INQUIRY BASED LEARNING (SSIBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN


Sumiyati Sa’adah(1*), Feby Noerfatimah(2), Iwan ridwan yusup(3)

(1) , Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


21st century skills are learning and innovation skills that focus on the 4Cs (collaboration, creative thinking, communication, critical thinking and problem solving, and innovation). The importance of Biology teaching materials that incorporate elements of the Socio-Scientific Inquiry Based Learning approach can bring up problem-solving and moral skills in solving every event that takes place in real life through the use of LKPD based on Socio-Scientific Inquiry Based Learning. This study aims to analyze the effect of LKPD based on Socio-Scientific Inquiry Based Learning on environmental change material in class X. This research method uses the Quasi Experimental method with Control group pre-test post-test. Data acquisition techniques were distributed through instruments from tests, observation sheets, and questionnaires. The results of data analysis from the study simultaneously showed that the dependent variable and independent variables had a significant (significant) effect on the final data of the t-test results, H0 was rejected and H1 was accepted, namely tcount (1.25) > ttable (1.20). Based on the results obtained indicate that the average percentage of student responses as a whole to the Socio-Scientific Inquiry Based Learning Approach of 80.38% is included in the very good category. It can be concluded that the student's response to the LKPD Approach based on Socio-Scientific Inquiry Based Learning on the material of environmental change is very good.

Keterampilan abad 21 adalah keterampilan belajar dan inovasi yang berfokus pada 4C (collaboration, creative thinking, communication, critical thinking and problem solving, and innovation). Pentingnya bahan ajar Biologi yang memasukkan unsur pendekatan Socio-Scientific Inquiry Based Learning dapat memunculkan keterampilan pemecahan masalah serta moral dalam menuntaskan setiap peristiwa yang berlangsung dalam kehidupan nyata melalui penggunaan LKPD berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh LKPD berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan Control group pre-test post-test. Teknik perolehan data disebarkan melalui instrument dari test, lembar observasi, dan angket. Hasil analisis data dari penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel ikat dan variabel bebas saling berpengaruh nyata (Signifikan) pada data akhir hasil Uji-t tersebut H0 ditolak dan H1 diterima yaitu thitung (1.25) > ttabel (1.20). Berdasarkan hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa presentase rata-rata respon siswa secara menyeluruh terhadap Pendekatan Socio-Scientific Inquiry Based Learning sebesar 80,38% termasuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap Pendekatan LKPD berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning pada materi perubahan lingkungan sangat baik.



Keywords


Keterampilan Pemecahan Masalah, LKPD berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning, Perubahan Lingkungan

References


Abdullah, A. A. dan S. (2017). Meningkatkan kemapuan berpikir kritis melalui pembelajaran statistika berbasis pendidikan politik di lingkungan sekolah. Jurnal Gantang, 2(1), 1–9.

Afifah, R. N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Science Activities, 12(2), 2086 – 2096. http://repository.upy.ac.id/227/

AISYA, N., Wibowo, Y., & Aminatun, T. (2017). The Influence Of SocioScientific Issues On Reflective Judgment Of High School’s Student In Ecosystem Material. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 14. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5346

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Alauddin Maka. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 64–66.

Alwi (2014). Bahan Ajar Bermuatan Socio-Scientific Issues (SSI) Pada Topik Zat Adiktif (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Asepta Surya Wardhana, D. (2021). Eduukasi dan Apliaksi Penghematan Listrik Menggunakan Lampu LED di 3 Desa di Kecamatan Cepu. Dianmas, 10(1).

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendeka-tan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92.

Beers (2011). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233.

Belawati, T. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Budiarti, I. . (2020). Bergerak dan Berbagi (Kumpulan Karya Finalis INOBEL 2019). CV Jejak.

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Campbell-Lendrum, D. H., Woodruff, R., Prüss-Üstün, A., Corvalán, C. F., &

Organization, W. H. (2007). Climate change : quantifying the health impact at national and local levels. 14. stream/10665/43708/1/9789241595674_eng.pdf

Chomsin, W. S. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. PT Elex Media Komputindo.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.

Dharmawati, T. (2019). Pengaruh Pendekatan Sosio-Scientific Issues (SSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Bandung.

Docktor (2009). Percobaan IPA SMP dan SMA. Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA, Departemen Pendidikan Nasional.

Fadilla Putri, Dewi, K., & Djumadiono. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Profit, Volum 1, Nomor 01, 1(1), 63–77. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5514

Fahrurozzi, H. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.

Gervet, B. (2007). Deforestation Contributes to Global Warming. Transformation, June, 9.

Ghaniyyu, F. (2021). Upaya Pengendaliian Perubahan Iklim Melalui Pembatasan Kendaraan Berbahan Bakar Minyak Di Indonesia Berdasarkan Paris Agreement. Jurnal Ilmu Hukum, 7(1), 110–129.

Hanama, A. (2021). Pengembangn LKS Berbasis Mind Mapping Untuk Meningatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal PGSD Indonesia, 7(1), 1–10.

Hanifah, N. (2014). Membedah Anatomi Kurikulum 2013 Untuk Membangun

Masa Depan Pendidikan Yang Lebih Baik. In U. S. Press (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Hartini, S. (2013). Pengembangan Indikator Dalam Upaya Mencapai Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1).

Hasjim. (2001). Kiat Belajar Sukses. Tiga Serangkai.

Kurniasih, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Socioscientific Issues Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatka Kemampuan Literasi Sains (Skripsi). Universitas Lampung, Lampung.

Kurniawan, D., Dewi, S. V., Pendidikan, J., Fakultas, M., Dan, K., Pendidikan, I., & Siliwangi, U. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Latuconsina, H. (2010). Dampak pemanasan global terhadap ekosistem pesisir dan lautan. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 3(1), 30. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.3.1.30-37

Letcher, T. M. (2021). Global warming—a complex situation. Climate Change, 3–17. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-821575-3.00001-3

Levinson, R. (2011) How Science Works: Teaching controversial issues. In How Science Works, ed. Toplis, R, pp. 56-70. London: Routledge.

Makki, (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Media Publishing.

Marfai, M. (2014). Banjir Pesisir:Kajian Dinamika Pesisir Semarang. Gadjah Mada University Press.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Mukono, H. (2018). Analisis Kesehatan Lingkungan Akibat Pemanasan Global dan Perubahan Iklim. Airlangga University Press.

Munawaroh, (2021). Model Belajar Mandiri Calon Guru Pegawai Pemerintahdengan Perjanjian Kerja.

Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Remaja Rosdakarya.

Pramesti, S. (2021). Modul Workshop Pembelajaran Matematika 1. PT. Nasya Expanding Management.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.

Pratama, R., & Kunci, K.-K. (2019). Efek Rumah Kaca Terhadap Bumi. Cetak)

Buletin Utama Teknik, 14(2), 1410–4520.

Pratami, S., Hertati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Teknologi Inovasi Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk UMKM Guna Menopang Ekonomi Keluarga Dalam Mencerdaskan Keterampilan Masyarakat. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.59

Rufaedah, E. A. (2017). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 14–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550518

Rusbiantoro, D. (2008). Global Warming For Beginner: Pengantar Komprehensif Tentang Pemanasan Global. O2.

Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51–76.

Sadler, T. D. (2016). Informal reasoning regarding socio-scientific issues: A critical review of research. Journal Of Research in Science Teaching. 513-536.

Saleh, M., & S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 yang Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 117–129.

Salmun, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Turunan dengan Model Discovery Learning. Jurnal Media Nusantara, XVIII(1), 59–70.

Sanjaya, (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana.

Subiantoro, A. W., Ariyanti, N. A., & Sulistyo. (2013). Pembelajaran materi

ekosistem dengan socio-scientific issues dan pengaruhnya terhadap reflective judgment siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 41 47.

Subyobroto, B. (1986). Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar Mengajar. Amarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sukarno. (2020). Pemanasan Global Fisika XI. Direktorat Jenderal PAUD,DIKDAS, dan DIKMEN.

Sukmadinata, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.118. 2(3), 220–234.

Surtani. (2015). Efek Rumah Kaca Dalam Perspektif Global (Pemanasan Global Akibat Efek Rumah Kaca).

Suryanto, D. A. (2012). Analisis Tingkat Polusi Udara Terhadap Pertumbuhan Kendaraan. In UG Jurnal (Vol. 6, Issue 12, pp. 1–3). https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/809/721#

Sutarti, T. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. CV Budi Utama.

Suwedi, N. (2005). Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Dampak Pemanasan Global. ..J. Tek. Ling. P3TL-BPPT, 2, 397–401.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of

Exceptional Children. Washinton DC. National Center for Improvement Educational System.

Toharudin, U. (2011). Membangun Literasi Sains Siswa. Humaniora.

Turdjai. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Triadik, 15(2), 17–29.

Turdjai. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Triadik, 15(2), 17–29. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/triadik/article/download/2865/1373

Ulfah, A. dan J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa

Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi

Pendidikan, 2(2).

Ulya, A. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1),75–82.

Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika. UMM Press.

Wibawa, M. (2014). Analisis Kualitas Desain Sampul Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Seni Budaya. Philpaper.

Wicaksono, A. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahua Alam SMP/MTs Kelas VII.

Garudhawaca.

Widodo, W. (2016). Buku Guru Ilmu Pengetahua Alam SMP/MTs Kelas VII.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yaumi, Madlazim, & Taufikurohmah, T. (2019). JPPIPA, Vol.4 No. 2 2019

Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Jurnal Peneliltian Pendidikan IPA, 4(2), 56–63.

Yuliastini, I., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2016). POGIL Berkonteks Socio

Scientific Issues (SSI) dan Literasi Sains Siswa SMK.

Zahra, A.S., Fatkurrohman, M.A., Arfiani, Y. (2021). Pancasakti Science Education Journal. 6(April), 1–9.

Zahra, A.S., Fatkurrohman, M.A., Arfiani, Y. (2021). Pancasakti Science Education Journal. 6(April), 1–9. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.110

Zarkasi & Taufik., (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara Pgri Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara Pgri Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i2.23022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats