PENERAPAN JUST IN TIME (JIT) SEBAGAI SOLUSI PENGENDALIAN PERSEDIAN PERUSAHAAN DI MASA PANDEMI COVID-19


Siti Atikah Oktaviani(1*), Sofah Listianti(2), Ramadhani Irma Tripalupi(3)

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini fokus pada penerapan Just In Time dalam pengendalian persedian perusahaan di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu diharapkan agar perusahaan dapat menerapkan sistem Just In Time untuk pengendalian persediaan agar meningkatkan produktivitas dengan mengurangi berbagai aktivitas yang tidak memberi nilai tambah bagi produknya sehingga dinilai mempunyai efektifitas yang baik. Penelitian ini menggunakan metode literature review dan studi pustaka. Hasil dari penelitian dalam jurnal ini menunjukkan bahwa Just in Time menjadi solusi terhadap pengendalian perusahaan terutama pada bahan baku di masa pandemi Covid-19. Just in time atau tepat pada waktunya merupakan cara kelola tepat waktu pada persediaan dan juga produksi. Dengan just in time, persediaan yang digunakan akan tepat tiba saat dibutuhkan. Hal ini memberikan manfaat pada jumlah persediaan yang kecil dan penggunaan gudang yang kecil. Selain itu, persediaan yang digunakan juga akan selalu baru. Sehingga kualitas produksi akan meninggkat. Selain persediaan yang selalu baru, dampak persediaan yang terbuang percuma juga akan berkurang. Persediaan yang disimpan terlalu lama tentu akan rusak, sehingga tidak dapat digunakan. Dampak yang dapat dirasakan ketika menggunakan sistem pengendalian persediaan dengan just in time dimasa pandemi Covid-19 ini adalah pengurangan biaya,  peningkatan efisien dan laba. Pengurangan biaya terjadi karena besar persediaan berkurang,  sehingga biaya untuk menyimpannya akan berkurang, percepatan perputaran persediaan dan percepatan perputaran kas.

Kata Kunci : Just In Time, Pandemi Covid-19, Pengendalian Persediaan

Full Text:

PDF

References


Efrianti, Desi. 2014. Pengaruh Pengendalian Persediaan Just In Time Terhadap Efisiensi Pengadaan Persediaan Bahan Baku studi kasus pada CV Jawara Karsa Agusto. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan Vol. 2 No. 1, 2014 pg. 99 – 108 STIE Kesatuan ISSN 2337 – 7852.

Gustini, Desi. 2013. Peranan Penerapan Sistem Persediaan Just In Time terhadap Hasil produksi.Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan. Vol. 1, Nn. 3, Oktober :222-223.

Hansen, D. R dan M. Mowen .2001. Akuntansi Manajemen Edisi 7 Buku Satu. Jakarta : Salemba Empat.

Janson, El Bethree Jeremya dan Nurcaya, I Nyoman. 2019. Penerapan Just In Time untuk Efisensi Biaya Persediaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3, 2019: 1755 - 1783 ISSN: 2302-8912.

J. Blocher, Edward, dkk. 2000. Manajemen Biaya. Jakarta: Salemba Empat. Keown, Arthur J., Martin, John D., Petty, J. William, JR, David F. Scott. Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan, Edisi Kesepuluh, Jilid 1. Terjemahan Marcus Prihminto Widodo. 2011. Jakarta Barat: PT Indeks.

Khaerian Mufti, B. 2021. Penerapan Just In Time Sebagai Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Studi Kasur PT. Estern Pearl Flour Mills Makassar). SKRIPSI Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pristianingrum, Nurfina. 2017. Peningkatan dan produktivitas Perusahaan Manufaktur dengan Sitem Just In time. Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi Keuangan dan Pajak. Vol. 1, No. 1, Januari :43-47.

Putra. 2014. Penerapan Metode Just In Time untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Persediaan Bahan Baku. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vo. 3 No.1. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Sari, Heny Permata, dkk. 2014. Analisis Just In Time System dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi (Studi Kasus pada PT. Malang Inda Genteng Rajawali Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vo, 13 No. 1. Malang : Universitas Brawijaya.

Sekunder W., Herry. 2011. Penerapan Just In Time Dalam Sistem Pembelian dan Sistem Produksi. Binus Business Review Vol. 2 No. 1 Mei: 446-455.

Sofyan, Diana K. 2013. Perencanaan dan pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulastri. 2012. Sistem Just In Time (JIT) Penting Bagi Perusahaan Industri. Jakarta : Dharma Ekonomi.

Tjiptono, Fandi, dan Diana, Anastasia. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

Tripalupi, Ramadhani Irma. 2020. Akuntansi Dasar Jilid 2. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Willa, Permatasari. 2021. Just In Time,Solusi Kelola persediaan di Masa Pandemi. Diakses di https://pelitajabar.com/ pada Jumat 24 Desember 2021.




DOI: https://doi.org/10.15575/aksy.v4i1.17106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.