CAMPUR KODE BAHASA SUNDA BANTEN KE DALAM BAHASA ARAB PADA PERCAKAPAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DAAR EL-HUDA TANGERANG (Kajian Sosiolinguistik)


Syifa Fata Auliya Gunawan(1*), Ade Nandang(2), Yayan Rakhtikawati(3)

(1) , Indonesia
(2) Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati,  
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menyoroti fenomena bilingualisme di Pondok Pesantren Daar El-Huda, yang terletak di desa Sukabakti, terbagi antara kecamatan Curug dan Sukabakti. Dengan hanya tiga lembaga keterampilan bahasa di daerah tersebut, banyak wali murid memilih pesantren modern dengan program bahasa asing. Pesantren ini menekankan penggunaan bahasa Arab, namun santri sering mencampur bahasa Arab, Sunda Banten, dan Indonesia dalam percakapan sehari-hari. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan teknik simak-catat untuk mengumpulkan data percakapan santri. Hasil menunjukkan bahwa campur kode sering terjadi dalam bentuk penyisipan dan leksikalisasi kongruen, dipengaruhi oleh faktor budaya, kebijakan pesantren, dan tujuan komunikasi.

References


Achsani, F., & Masyhuda, H. M. (2018). Campur Kode dalam Komunikasi Santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Sukoharjo. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 2(1), 24–37. https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.347

Alatas, M. A., & Rachmayanti, I. (2020). Penggunaan Campur Kode dalam Komunikasi Santri di Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang. JURNAL SATWIKA, 4(1), 43. https://doi.org/10.22219/SATWIKA.Vol4.No1.43-55

Chaer, A. , & A. L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Rineka Cipta.

Curug district in Figures 2021. (n.d.).

Darpan. (2008). Satjadibrata dina Kamekaran Kamus Sunda. Kiblat Buku Utama.

Dhofier, Z. (2019). Tradisi pesantren : studi tentang pandangan hidup Kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia (10th ed., Vol. 10). LP3ES. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=130432

Izzak, A. (2009). Bilingualisme dalam Perspektif Pengembangan Bahasa Indonesia. Nabasan, 3(1).

Jayadi D. (2011). Campur Kode. Jurnal Bahasa, 20–28.

Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Ibu dalam Proses Pembelajaran dan Pergaulan Lingkungan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 700–708. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I1.2017

Mahsun, P. D. (2014). Metode Penelitian Bahasa. PT. Raja Grafindo Perasada.

Mualimah, E. N. (2018). Campur Kode dan Alih Kode pada Proses Belajar Mengajar. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(2), 35–47. https://doi.org/10.22236/jollar.v1i2.3478

Mufidah, A., Kusumaningsih, D., Sukarno, S., & Hartanta, D. (2023). SPEAKING PADA TUTURAN LISAN: EKSPLORASI CAMPUR KODE DALAM TUTURAN VLOG YOUTUBE GANJAR PRANOWO. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 6. https://doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.6-17

Nisa, K. (2018). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BERITA DALAM MEDIA SURAT KABAR SINAR INDONESIA BARU. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Priyanto, A., Dhamayanti, A., Nurpitriani, N., Ernawati, V., & Anto, P. (2022). ANALISIS DIGLOSIA DAN BILINGUALISME FILM “YOWIS BEN.” SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 1, 192–198.

Rofiah, C., & Bungin, B. (2021). Qualitative Methods : Simple Research With Triangulation Theory Design. Develop, 5(1), 18–28. https://doi.org/10.25139/DEV.V5I1.3690

Rosmiarni, R., Ariani, S., Mawaddah, S. M., & Nurdin, R. (2023). Implikasi Metode Wahdah terhadap Kekuatan Hafalan Al-Qur’an Santri Dayah Modern Darul Ulum. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(1), 54. https://doi.org/10.22373/jm.v13i1.17432

Rufaidah, D., Ermawati, E., & Suhita, R. (2023). Fenomena Campur Kode pada Media Sosial Instagram Mahasiswa. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 113–118. https://doi.org/10.15294/JSI.V12I2.67902

sejarah - Pondok Pesantren Daar El - Huda. (n.d.). Retrieved June 20, 2024, from https://daarelhuda.sch.id/sejarah/

Suandi, N. (2014). Sosiolinguistik. Graha Ilmu.

Yoda, A. F. (2020). Campur Kode Bahasa Sunda Ke Dalam Bahasa Arab Pada Percakapan Santri Pondok Pesantren Al-Basyariyah Cigondewah Bandung (Kajian Sosiolinguistik). Hijai’, 03(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v7i1.36108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Fata Auliya Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343