Campur Kode Bahasa Sunda Ke Dalam Bahasa Arab Pada Percakapan Santri Pondok Pesantren Al-Basyariyah Cigondewah Bandung (Kajian Sosiolinguistik)


Fildzah Arifah Yoda(1*), Yadi Mardiansyah(2)

(1) ,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk dan faktor-faktor campur kode pada tuturan bahasa Sunda ke dalam bahasa Arab santriwati pondok pesantren Al-Basyariyah. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan sosiolinguistik dengan teori campur kode Muysken, yang membagi bentuk campur kode ke dalam tiga yaitu penyisipan (insertion), alternasi (alternation), dan leksikalisasi kongruen (congruent lexicalization). Campur kode merupakan salah satu fenomena berbahasa yang menggunakan dua bahasa atau lebih dalam satu ujaran. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengambilan data berupa metode simak dengan teknik sadap dan catat, dan metode cakap dengan teknik pancing berupa wawancara dengan beberapa pertanyaan untuk responden.


References


Chaer dan Agustina, A. C. (2004). Sosiolinguistik Pengantar Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer dan Agustina, A. d. (2010). Sosiolinguistik Pengantar Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Jayadi, D. (2011). Campur Kode. Jurnal Bahasa, 20-28.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun, P. D. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suandi, N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taufiq, W. (2015). Fiqh Lughah. Bandung: CV. Nuansa Aulia.

المعرفة. (2007, Februari 16). خلط اللغات. Retrieved Juli 29, 2019, from خلط اللغات: https://www.marefa.org/خلط اللغات

لعيبي, ا. ا. (2009). اللسانيات الاختماعية عند العرب. الأردن : دار اليازوري العلمية.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v3i1.5531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Hijai - Journal on Arabic Language and Literature



ISSN: 2621-1343