Pengaruh Penggunaan Whatssapp dan Metode Pembelajaran Based Learning Pada Pembelajaran Bahasa Arab


Isti Azhura Nurazmi(1*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang penerapan penggunaan aplikasi daring whatssapp dan metode pembelajaran project based learning khususnya pada program pendidikan jarak jauh di masa pandemi covid-19 ini di Mts Al-Wathoniyah Al-Hamidiyah. Kombinasi penggunaan whatssapp dan metode pembelajaran project based learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode case study. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Di dalam penelitian ini, peneliti mengambil 4 aspek pembelajaran untuk dijadikan fokus penelitian, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor kekurangan dan kelebihan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat kegiatan perencanaan pembelajaran selama dilaksanakannya pendidikan jarak jauh.

 

This study aims to describe the use of WhatsApp and project-based learning method, especially in the program distance education during the COVID-19 pandemic at MTs Al- Wathoniyah Al-Hamidiyah. The combination of using these methods is effective in improving students learning outcomes. The qualitative approach with the case study method is used here. The researcher takes four aspects of learning to focus on the study: planning, implementation, evaluation, and lack and strength factors. The results show that there are activities for planning the learning of distance education.


Keywords


Pendidikan Jarak Jauh; Application Online Whatssapp; Project Based Learning; Distance Education

References


Al-Hayari. (2017, 02 05). pembelajaran jarak jauh. Dipetik 05 29, 2020, dari mawdoo.com: https://mawdoo3.com

Al-Jaburi, I. J. (2013). Al-Manhaj wa Tharaiq Tadris Al-Lughah Al-Arabiyah. Yordania: Dar El-Ridwan.

Cresswel, J. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dede Irawan Saputra, A. G. (2014). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LOGIKA FUZZY. INVOTEC, 13-34.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Indriani dkk, T. T. (2018). Implementasi Blended Learning Dalam Pendidikan Jarak Jauh Pada Jenjang Pendidikan Menengah Kejuruan. Edutechnologia.

Jauhar, N. (2019). Thariq Tadris Al-Lughah Al-Arabiyah Lil Natiqin BiGhairiha. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Kamil, I. (2020, September 03). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh akibat Pandemi Covid-19. Retrieved from https://nasional.kompas.com

Khaerunnisa, F. K. (2019). Evaluasi Penerapan Blended Learning Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di SMPIT Ibadurrahman Studi Kasus Di Kelas VII Akhwat. Alsuniyat , 95-108.

Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyajikan Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhamadiyah Wonosari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogya.

Sugiyono, P. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v3i2.8656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Hijai - Journal on Arabic Language and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343