Harga Diri Dengan Presentasi Diri Pada Remaja Pengguna Tiktok


Mudrisa Difa Islami(1*), Satria Candra Merida(2), Rospita Novianti(3)

(1) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
(2) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
(3) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Aplikasi TikTok saat ini menjadi media sosial yang sedang digemari oleh banyak orang dikalangan usia. Aplikasi Tiktok menjadi aplikasi yang menempati posisi pertama dalam urutan beberapa aplikasi yang banyak diunduh pada tahun 2020 dengan unduhan 63,3 juta. Media sosial seperti TikTok menjadikan penggunanya mempresentasikan diri mereka dengan mengekspresikan diri untuk menciptakan kesan yang menyenangkan atau penilaian diri yang ditunjukkan kepada orang lain. Melalui sosial media TikTok seseorang akan menampilkan dirinya sebaik mungkin untuk mendapatkan tanggapan positif, namun pada masa remaja harga diri seseorang terus menurun, kemunduran perilaku remaja, citra tubuh dan masalah lain yang berakitan dengan pubertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris Hubungan Antara Harga Diri dengan Presentasi Diri pada Remaja Pengguna Aplikasi TikTok di Bekasi. Penelitian ini dilakukan di daerah Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif . Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan skala presentasi diri dan harga diri pada pengguna aplikasi TikTok. Teknik pengambilan data menggunakan snowball sampling dengan 118 responden. Berdasarkan perhitungan menggunakan Teknik product moment pearson didapatkan hasil korelasi sebesar 0,430** dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya adanya hubungan antara harga diri dengan presentasi diri pada remaja pengguna aplikasi TikTok di Bekasi.

Keywords


Remaja, Harga Diri, Presentasi Diri

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. JPII, 2(2).

Carmen, A. (2022, May). The top downloaded apps in 2022.

Damayanti, E. S., & Purnamasari, A. (2011). Berpikir positif dan harga diri pada wanita yang mengalami masa premenopause. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 8(2), 143. https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i2.461

David, L. (2013). Pengaruh perkembangan teknologi pada kehidupan manusia. Liputan6.com.

Dwi, E., & Watie, S. (2011). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(1). http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sos

Gustina, H. (2015). Korelasi media sosial instagram dengan presentasi diri mahasiswa jurusan ilmu komunikasi universitas riau. Jom FISIP, 2(2), 1–15.

Haryanto, A. T. (2019). Pengguna internet di indonesia didominasi generasi milenial. Tirto.id.

Kaparang, O. (2013). Analisa gaya hidup remaja dalam mengintimidasi budaya pop korea melalui televisi. Revista Cubana de Medicina General Integral , 13(5), 512–517.

Kresnoadi. (2021). Sejarah revolusi industri dan apa itu era society 5.0?. https : //www.ruangguru.com.

Kusumasari, H., & Hidayati, D. S. (2014). Rasa malu dan presentasi diri remaja di media sosial. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 4(2), 91.

Magribi, A. (2019). Komunitas TikTok medan banyak yang cibir tapi ambil positif untuk kepercayaan diri. https://medan.tribunnews.com

Maya, S. D., & Tharoni. (2018). Hubungan keterlibatan ayah dengan harga diri remaja wanita. Psychopolitan (Jurnal Psikologi), 1(2), 10–18.

Mažeikiene, A., Peleckiene, V., & Peleckis, K. (2010). The main factors determining the choice of self-presentation strategies in negotiations and business meetings. Business: Theory and Practice, 11(4), 353–361. https://doi.org/10.3846/btp.2010.38

Papalia, D. E., & Feldman, D. R. (2014). Menyelami perkembangan manusia. Salemba Humanika.

Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Pustaka Pelajar.

Pertiwi, W. K. (2020). Indonesia sumbang angka unduhan TikTok terbanyak di dunia. hhttps ://tekno.kompas.com

Priyatno, D. (2012). Belajar cepat olah data statistik dengan spss. CV.Andi.

Putri, W. S. C., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Rahadi, R. D. (2017). Perilaku pengguna dan informasi hoax di media sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1).

Sandi, I., & Dawood, T. (2019). Eksternalitas pabrik kelapa sawit di aceh tamian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 4(4), 375–382.

Santrock, J. (2012). Life span development.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia, 17(1), 25.




DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v1i2.16718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.