Implementasi Manajemen Layanan Haji Di Masa Pandemi Covid-19


Nakhila Hunafa Al Qudsy(1*), Yusuf Zaenal Abidin(2), Asep Iwan Setiawan(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam pelayanan calon jemaah haji di masa pandemi Covid-19 berdasarkan pada teori empat fungsi manajemen yang dikemukakan oleh George R Terry. Penelitiaan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen layanan haji di masa pandemi Covid-19 dilihat dari perencanaan terdapat lima program pelayanan untuk calon jemaah haji, pengorganisasian pelayanan dilaksanakan oleh staf-staf yang terbagi menjadi lima bidang berdasarkan keahlian dan kemampuan, pelaksanaan program pelayanan dijalankan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, staf dibagi menjadi dua tim, dan pelayanan diberikan dalam bentuk pelayanan lisan, tulisan, serta perbuatan dan pada proses pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung yang diawasi oleh kepala seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.


Keywords


Implementasi; Manajemen; Haji; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Adyabatara, A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Daryanto & Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, D. M. (2004). MANAJEMEN: Dasar Pengertian Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

J. Panglaykim, H. T. (1991). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Munir, M., & Ilaihi, W. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Ratmito, & Winarsih, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sa’id Agil Husein Al-Munawwar, A. H. (2003). Fiqih Haji Menuntun Jemaah Mencapai Haji Mabrur. Ciputat Press.

Shandria, R. A. (2019). Implementasi Manajemen Perencanaan dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Haji dan Umrah. Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Suhaini, H., Sarbini, A., & Setiawan, A. I. (2017). Strategi KBIH At-Taqwa dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Calon Jemaah Haji dalam Ilmu Dakwah, 86-102.

Sukayat. T. (2016). Manajemen Haji, Umrah dan Wisata Agama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Susilawati, I., Sarbini, A., & Setiawan, A.I. (2009). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dalam Ilmu Dakwah, 1(2), 190-206.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wayong, M. (2003). Manajemen Kontemporer Sebuah Pendekatan Global. Makassar: Alauddin University Press.





DOI: https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 


Editorial Office:
S1 Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276