Manajemen Investasi Dana Haji


Ossa Muhammad Madani(1*), Nashiruddin Muhammad Amin(2), Nadia Nurkhalidza Yusuf(3), Muhammad Fikran Al Fadil(4), Lisnawati Lisnawati(5), Muhammad Zidan Mamun Murad(6)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung DJati,  
(3) UIN Sunan Gunung DJati,  
(4) UIN Sunan Gunung DJati,  
(5) UIN Sunan Gunung DJati,  
(6) UIN Sunan Gunung DJati,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk dapat mengetahui seperti apa implementasi dalam manajemen investasi dana haji termasuk juga apa saja strategi BPKH dalam mengatur investasi dana haji. BPKH alias Badan pengelola keuangan haji merupakan lembaga yang bertugas dalam mengelola keuangan haji yang didasari Undang-Undang Pasal 20 Nomor 34 Tahun 2014. Adanya implementasi pengelolaan investasi dana haji dalam pembentukan dari tahapan yang terdiri dari perencanaan investasi, persetujuan investasi dan penetapan investasi serta pengalokasian dana haji yaitu penempatan dana haji pada bank syariah dan investasi syariah. Adapun strategi investasi pada Badan Pengelola Haji ( BPKH ) yaitu menguragi jatah alokasi penempatan dana haji di perbankan syariah dengan perlahan dan memindahkan ke Instrumen investasi yang benar-benar memberikan dampak terthadap peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, strategi investasi yang dilakukan ruang lingkup sangat luas dan berinovasi seperti investasi langsung, emas, surat berharga dan investasi lainnya sehingga mendalam terhadap berbagai alternatif investasi yang berkelanjutan aman, mengedapankan prinsip lingkungan sosial tata kelola serta mendorong pengembangan keuangan sosial syariah.


Keywords


Manajemen, Investasi Dana, Haji

References


Agama, Kementrian, and Ahmad Kartono. “Sumber : Badan Pusat Statistik, Kementrian Agama,” 2018, 1–21.

Witjacsono, Beny, Prayogo P. Harto, Hendro Wibowo, and Edy Suprapto. “Investasi Keuangan Haji Bpkh.” Investasi BPKH, no. Jakarta (2019): 1–238.

https://feb.umy.ac.id/mengenal-investasi-keuangan-haji-bpkh/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 


Editorial Office:
S1 Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276